Pjs Bupati Blitar Hadiri Peringatan Hari Santri dan Membuka MTQ Kabupaten Blitar 2024 di Alun-Alun Kanigoro

Realitakini.com-Blitar 
Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 sekaligus pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Blitar berlangsung khidmat di Alun-Alun Kanigoro, Selasa (22/10/2024). 

Acara ini dipimpin langsung oleh Pjs.Bupati Blitar, Dr. Ir. Jumadi, M.MT, yang dalam kesempatan tersebut membacakan sambut an Menteri Agama Republik Indonesia.

Diawali dengan ucapan syukur kepada Allah SWT, Pjs. Bupati Jumadi mengucap kan selamat Hari Santri Nasional 2024 kepada seluruh santri, alim ulama, dan tokoh agama yang hadir. Selasa 22/10/2024)

Pjs Bupati Blitar mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan peringatan ini sebagai momentum mempererat silaturahmi, menebar empati, dan menjaga toleransi, seraya mendoakan kesuksesan Pilkada Serentak.

"Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk mempereratsilaturahmi, menebar empati, dan menjaga toleransi di tengah masyarakat kita," ungkapnya. 

Jumadi juga menyampaikan ucapan se lamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka yang telah dilantik pada 20 Oktober 2024, serta mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin atas dedikasi mereka.

Dalam sambutan Menteri Agama yang dibacakan oleh Jumadi, peringatan Hari Santri 2024 diusung dengan tema "Menyambung Juang, Merengkuh Masa Depan". Menteri Agama menekankan pentingnya santri masa kini untuk melanjutkan perjuangan para ulama dan pahlawan terdahulu. 

Santri masa kini diingatkan untuk ber juang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan lagi angkat senjata, demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

 "Santri masa kini harus bisa melanjutkan perjuangan para ulama dan pahlawan, bukan lagi dengan angkat senjata, tetapi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," tutur Jumadi. 

Pjs. Bupati juga membuka secara resmi MTQ Tingkat Kabupaten Blitar 2024. Ia berharap ajang ini bukan hanya menjadi ajang prestasi, tetapi juga sebagai media dakwah, menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan hidup. 

 "MTQ ini bukan hanya sebagai ajang prestasi , tapi juga sebagai media dakwah yang menjadikan Al-Qur’an sebagai pegang an hidup kita sehari-hari. 

"Kita harus merawat dan melestarikan semangat serta nilai-nilai perjuangan dari Hadratus Syech Hasyim Asy'ari. Tidak hanya itu, yang terpenting adalah implementasi nyata dari nilai-nilai tersebut," pesannya. 

Kepada para juri, ia juga berpesan agar bertindak adil karena pemenang MTQ ini akan mewakili Kabupaten Blitar di MTQ Tingkat Provinsi Jawa Timur pada 2025 mendatang di Jember.

Selain itu, "Kita menuju Indonesia emas 2024-2025, bukan dengan santai atau kerja biasa, tetapi dengan kerja keras dan se mangat para santri serta mewarisi se mangat pejuang terdahulu." pungkas nya. 

Dengan mengucapkan Bismillahirroh manirrohim, Pjs. Bupati Blitar secara resmi membuka MTQ 2024. Ia mengajak seluruh peserta untuk semangat dan terus menjaga tali silaturahmi selama acara berlangsung. (kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels