Bimtek Untuk Seniman Kabupaten Blitar Resmi Dibuka oleh Pjs Bupati Blitar

Realitakini.com-Blitar 
Pjs Bupati Blitar, Dr. Ir. Jumadi, M.MT, secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi seniman se-Kabupaten Blitar pada Senin,  21/10/2024) Acara tersebut digelar di Hall Kampung Coklat, Plosorejo, Kademangan. Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Blitar, Asisten , Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah, narasumber, serta para seniman yang berpartisipasi.
Senin (21/10/2024)

Dalam   bahwa Kabupaten Blitar, yang dikenal sebagai Land of Kings (Tanah Para Raja), memiliki potensi wisata alam, kuliner, seni, dan budaya yang luar biasa. Potensi ini tersebar di seluruh desa, dan merupakan aset penting yang harus di kembangkan untuk meningkatkan daya tarik wisata dan memperkuat perekonomi an masyarakat.

"Seni bukan hanya sekadar hobi, tetapi cerminan jiwa dan budaya bangsa," ujar Jumadi. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan Bimtek ini, yang bertuju an mengembangkan potensi seni dan budaya, sekaligus meningkatkan kapasitas seniman dalam melestarikan warisan budaya.

Melalui seni, lanjut Jumadi, kita dapat menyampaikan pesan, menginspirasi, dan memperkaya kekayaan budaya. Jumadi juga mengingatkan pentingnya inovasi di era globalisasi agar karya seni Kabupaten Blitar dapat bersaing di tingkat nasional dan internasional. Sebagai contoh, seni budaya jaranan tril yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudaya an, Riset, dan Teknologi, menjadi modal besar untuk mengembangkan industri pariwisata dari sisi budaya.

Jumadi mengajak semua pihak untuk mendukung pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Blitar, memanfaat kan teknologi informasi sebagai sarana publikasi dan inovasi, tanpa mengaburkan nilai-nilai budaya yang ada.

Melalui kegiatan ini, ia berharap para seniman dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterap kan dalam karya mereka. Selain itu, Bimtek ini juga menjadi wadah bagi para seniman untuk saling bertukar pikiran dan pengalaman.

"Mari kita bersama-sama memajukan seni dan budaya di Kabupaten Blitar, menjadi kannya kebanggaan kita bersama," tutup Jumadi sebelum secara resmi membuka Bimtek.

Acara ini diharapkan menjadi momentum penting dalam memajukan seni dan budaya Kabupaten Blitar, yang semakin kaya dengan inovasi dan kreativitas. (kmf/ edy)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels