Wawako Solok Tinjau Layanan Cath Lab Di RSUD M. Natsir

Realitakini.com-Kota Solok
Wakil Walikota (Wawako) Solok, Ramadhani Kirana Putra melakukan peninjauan terhadap pelayanan dan sarana prasarana di Catheterization Laboratory (Cath Lab) RSUD M. Natsir Kota Solok, Jumat (13/09/2024).

Kehadiran layanan Cath Lab ini merupakan hasil bantuan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat di wilayah selatan Sumatera Barat, meliputi enam kabupaten/kota.

Cath Lab merupakan fasilitas medis untuk melakukan prosedur kateterisasi jantung dan angiografi, sebuah teknik diagnostik kardiologi invasif yang memanfaatkan sinar-X untuk memvisualisasikan pembuluh darah di berbagai organ tubuh.

Fasilitas ini berguna untuk mendeteksi penyakit, sumbatan, penyempitan, atau pelebaran pada pembuluh darah, khususnya di jantung.

Alat ini memberikan gambaran yang sangat detail, sehingga memudahkan dokter dalam melakukan tindakan intervensi seperti Percutaneous Transluminal Coronary Angioplasty (PTCA).

Dalam kunjungannya, Wawako Solok menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam kepada Kemenkes RI, atas dukungan yang sangat berarti bagi masyarakat Sumatera Barat, khususnya Kota Solok dan sekitarnya.

Ramadhani Kirana Putra berharap, layanan ini dapat meningkatkan angka harapan hidup bagi pasien penyakit jantung, dan mengurangi risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut.

“Hadirnya fasilitas Cath Lab ini merupakan langkah maju bagi Sumatera Barat, dan menunjukkan komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah,” ucapnya.

Dikatakannya, dengan kehadiran Cath Lab di RSUD M. Natsir, pasien yang membutuhkan intervensi jantung tidak perlu lagi dirujuk ke rumah sakit lain, karena peralatan yang tersedia sudah cukup canggih untuk menangani berbagai prosedur medis terkait penyakit jantung.

"Hal ini diharapkan dapat mempermudah akses masyarakat, terhadap layanan kesehatan yang lebih baik dan lebih cepat," pungkasnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels