Elektabilitas Naik Signifikan Tim Pemenangan Paslon Nomor 1 Optimis Raih Angka Diatas 50 Persen


Realitakini.com Tanah Datar 
-Berdasarkan hasil lembaga survey  Political Analize elektabilitas pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Tanah Datar Nomor Urut. 1 Richi Aprian dan Donny Karsont yang naik signifikan di angka 33,8 persen setelah sebelumnya dinyatakan 23 persen oleh sebuah lembaga survey. 

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim pemenangan Paslon nomor 1 Rido Anton Yondra  didampingi Ketua media pemenangan paslon nomor 1 Evan Muhammad Rizal kepada para awak media saat mennlggelar konferensi pers, Minggu (29/02923) di kantor DPD partai Golkar Tanah Datar. 

"Terkait dengan perjalanan kampanye nomor dari paslon nomor 01 Richi Aprian dan Donny Karsont  untuk itu kami berharap media bisa menampilkan presentasi survey yang tadi disampaikan oleh Resky yang mempresentasikan hasil survey elektabiltas Paslon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar," ungkapnya. 

Hal tersebut menurut Anton Yondra diambil berdasarkan Survey "Preverensi Memilih Pemilih di Tanah Datar menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2024 dilakukan dengan metode kuantitatif populasi ,  pemilih di Tanah Datar yang terdaftar pada DPT dari sample 1200 responden setara dengan margin of eror lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen penarikan sample dilakukan dengan teknik multistage sampling pengumpulan data melalui wawancara dengan bantuan kuisioner. Data terkumpul dan diproses menggunakan statistik dengan bantuan SPSS versi 23 analisa data berfokus kepada pengambaran dan penjelasan opini politik dan perilaku elektoral. 

"Elektabilitas berpasangan dari dua paslon dibawah ini jika pilkada dilakukan hari ini siapa yang bapak, ibuk dan saudara pilih bupati dan wakil bupati tanah Datar untuk periode kedepan  untuk hasilnya Paslon nomor 1 Richi Aprian-Donny Karsont semakin mendekati dengan 33,8 persen dari pasangan Eka Putra-Ahmad Padly 37,9 persen yang belum menentukan pilihan 16,5 persen,  tidak tahu 6,4 persen dan yang tidak menjawab 5,4 persen, " ujarnya. 

Dari 55,0 persen pemilih yang sudah menentukan pilihan politik, 30 persen belum bisa menentukan pilihan berarti masih ada sekitar 30 persen suara yang mengambang artinya swing voters sangat mungkin terjadi. Dengan demikian masa kampanye dan partai politik mementukan pilihan dari pemilih. 

Dan dari data diatas elektabilitas pasangan calon Richi Aprian mengalami peningkatan signifikan dibandingkan dengan saat belum berpasangan diangka 22,9 persen.

Survey elektabilitas dari Top of mind berpola pada tiga calon yang mendaftar ke KPU menyebutkan memilih paslon Richi Aprian-Donny Karsont diangka 30,5 persen dan pemilih untuk pasangan Eka-Fadly itu diangka 35,4 persen,  19,2 persen belum menentukan pilihan,  8,4 persen tidak tahu dan 6,6 persen tidak menjawab. 

"Untuk survey yang kita laksanakan tanggal 19 sampai tanggal 22 kita akui untuk elektabilitas berada di Paslon nomor 2 Eka-Fadly di angka 35,4 dan Richi-Donny 30,5 persen, namun untuk saat ini paslon nomor 1 cendrung relatif naik secara signifikan dan paslon nomor 2 statis dan berdasarkan rapat tim pemenangan, kami optimis bisa Paslon nomor 1 bisa meraih angka diatas 50 persen, " tukas Anton Yondra. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels