Bupati Eka Putra Resmi Tutup Alek Pacu Jawi Nagari Tabek


Realitakini.com Tanah Datar
 -Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE,. MM secara resmi menutup pagelaran Alek Pacu Jawi  di Sawah Ilalang Kuniak, jorong Tabek Nagari Tabek kecamatan Pariangan, Sabtu (14/09/2024) . 

Pada kesempatan tersebut turut hadir Camat Pariangan Beni beserta Forkopimca, Wali Nagari Tabek Rispel Murni, angku-angku dan niniak mamak pemuka adat, tokoh masyarakat, dan seluruh pencinta dan penggemar olahraga Pacu Jawi

Dalam sambutannya Bupati Eka Putra mengatakan, bahwa pemerintah daerah terus berkomitmen untuk menjaga dan melestarikan tradisi dan budaya masyarakat yang sudah turun temurun dari  nenek moyang mereka

"Hari ini kita kembali melaksanakan alek Pacu Jawi, ini adalah salah satu komitmen pemerintah untuk terus melestarikan budaya masyarakat yang sudah ada sejak dulu-dulunya. Ini juga bentuk promosi daerah agar pacu Jawi ini dikenal oleh masyarakat luas, sehingga akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat," katanya. 

Menurut bupati hal tersebut dibuktikan dengan selalu menggelar alek anak nagari Pacu Jawi secara terus-menerus empat kecamatan di Tanah Datar yaitu Pariangan, Lima Kaum, Sungai Tarab dan kecamatan Rambatan secara bergiliran. 

Terakhir Bupati Eka juga berpesan kepada seluruh masyarakat dan juga para pedagang untuk selalu menjadi ketertiban, keamanan dan juga kebersihan lingkungan sekitar lokasi alek Pacu Jawi. 

"Saya berharap kita bersama bisa menjaga keamanan dan ketertiban selama alek ini berlangsung, dan kepada para pedagang jangan buang sampah secara sembarangan tapi buanglah sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan sehingga lingkungan kita ini tetap terjaga kebersihannya," ujar bupati. . 

Bupati Eka Putra diakhir sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada panitia, dan semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan Alek pacu jawi dengan sukses. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels