Sebelas Kelurahan Ikuti Lomba Kelompok Dasawisma

Realitakini.com-Padang  
Sebanyak sebelas Kelurahan mengikuti Lomba Kelompok Dasawisma Tingkat Kota Padang di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang, Kamis (22/8/2024). Sebelas kelurahan ini merupakan perwakilan dari sebelas kecamatan di Kota Padang.

Pj Ketua TP-PKK Kota Padang Ny Vanny Andree Algamar menyebut melalui perlombaan dapat meng ukur kemampuan, sehingga memenuhi standar dan indikator yang ditentukan. Bukan hanya merupakan ajang kompetisi tetapi lebih kepada pemahaman Ketua PKK Kelurahan, Ketua Dasawisma dan Kader Posyandu tentang pelaksanaan program kegiatan yang dipimpinnya.

"Menjadi gambaran sinergisme sebuah pemerintahan dengan masyarakatnya. Sehingga lomba ini diharap kan timbul sebuah inovasi-inovasi dari masyarakat sehingga dapat dikembangkan," jelasnya. Ia juga menekankan kepada kader PKK untuk menekan angka stunting dan stop boros pangan, upaya ini juga untuk penyelamatan pangan berlebih atau potensi terbuang.

"Lomba gerakan PKK diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pola asuh anak dan remaja, peningkatan pendapatan keluarga, peran serta masyarakat terhadap ketahanan pangan dan penurunan angka kelahiran, kematian ibu dan bayi serta mendukung percepatan pencegahan stunting, dan peningkatan kualitas imunisasi dalam rangka mewujudkan manusia yang sehat dan berkualitas," jelasnya.

Ny Vanny Andree Algamar berharap melalui perlombaan yang digelar, TP-PKK dapat memberikan kontribusi untuk membangun Kota Padang. Tak hanya itu, melalui Lomba Dasawisma juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan ketua kelompok dasawisma, dalam melakukan tertib administrasi dasawisma dan menggerakkan 10 program pokok PKK di kelompok dasawismanya.

"Sementara itu, lomba kader posyandu berprestasi bertujuan terdapatnya kader posyandu yang dapat meningkatkan fungsi dan kinerja posyandu, sehingga status gizi masyarakat dapat meningkat dan dipertahankan dalam keadaan baik, memberikan bantuan pelayanan kesehatan dasar bagi ibu dan anak di posyandu," ungkapnya

Lomba diawali dengan ekspose lomba gerakan PKK pada Senin (19/8), dilanjutkan pada Kamis (22/8) lomba kelompok dasawisma dan Jumat (23/8) ditutup dengan lomba kader posyandu terbaik. (MA/Charlie- RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels