Petani Harus Tahu, Ini Solusi Paslon Hairan-Amin dengan Anjloknya Harga Komoditas Pinang

Realitakini.com, Tanjabbar 
Melihat anjloknya harga komoditas Pinang di Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar, Hairan-Amin akan memberikan solusi bagi para Petani Pinang.

Hal ini akan menjadi kabar baik bagi seluruh petani pinang. Sebab, apabila Paslon ini terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati Tanjabbar, para petani pinang akan lebih baik lagi dibanding dengan keadaan sekarang yang saat ini dikeluhkan para petani pinang.

Terkait dengan masalah yang disebut, Calon Bupati (Cabup) Hairan, merespons dengan cepat keluhan para petani pinang yang saat ini anjloknya harga pinang sejak beberapa tahun terakhir. Setiap kunjungannya ke desa-desa beberapa waktu terakhir, Hairan selalu menegaskan pentingnya langkah cepat untuk membantu para petani yang terdampak penurunan harga komoditas tersebut.

"Para petani adalah tulang punggung ekonomi daerah kita. Ketika harga pinang anjlok, mereka terpukul secara ekonomi. Ini harus segera diatasi," ujar Cabup Hairan, saat dikonfirmasi, Senin (26/8/2024). Dikatakan Hairan, dalam menghadapi situasi ini, akan ada beberapa solusi strategis yang akan diterapkan apabila ia terpilih menjadi Bupati Tanjabbar. 

"Pertama, ia berencana membentuk koperasi khusus untuk petani pinang yang akan memastikan harga jual lebih stabil dan kompetitif," ucap Cabup Hairan. 

"Dengan koperasi ini, kita bisa memangkas rantai distribusi yang selama ini menjadi masalah bagi petani," sebut Cabup Hairan. Selain itu, Hairan juga berencana akan memperkuat kerjasama dengan industri pengolahan hasil pertanian. 

"Kita perlu mendorong industrialisasi lokal, sehingga hasil panen bisa diolah menjadi produk yang bernilai tambah. Ini akan meningkatkan pendapatan petani," terang Cabup Hairan. Tak hanya itu, Cabup Hairan juga memaparkan sebuah program lainnya. Salah satunya, pengembangan teknologi pascapanen dan pelatihan bagi petani untuk meningkatkan kualitas hasil panen para petani.

"Dengan teknologi yang tepat, kita bisa menjaga kualitas pinang agar lebih tahan lama dan memiliki nilai jual lebih tinggi di pasar," kata Cabup Hairan, dengan penuh optimis. 

Sementara itu, salah seorang Ketua Kelompok Tani yang ada di Tanjabbar, menyambut baik solusi yang ditawarkan Cabup Hairan. Ia berharap dengan adanya perhatian lebih dari Paslon Hairan-Amin, masalah harga pinang yang sering berfluktuasi bisa segera teratasi dan kesejahteraan mereka meningkat.

"Apa yang disampaikan oleh pak Hairan itu sangat bagus sekali, semoga apa yang sama-sama kita harapkan semuanya bisa terwujud demi kesejahteraan petani," harapnya. 

"Kami yakin, dengan solusi-solusi tersebut, sektor pertanian di Tanjabbar Insya Allah akan bisa bangkit dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian lokal," tandasnya.  (MC-HA)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels