Lapas Kuala Tungkal Gelar Penggeledahan dan Tes Urin WBP dan Petugas


Realitakini.com, Tanjabbar 
Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kuala Tungkal, menggelar Penggeledahan sekaligus tes urin para Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), Kamis (22/8/2024).

Penggeledahan dan tes urin tersebut, secara langsung dipimpin oleh Kakanwil Kemenkumham Jambi, Adnan yang didampingi oleh Kalapas Kuala Tungkal, I Gusti Lanang ACP, dan Kadivpas, Lili.

Kegiatan ini juga, sebagai wujud sinergitas, kegiatan ini dilaksanakan bekerjasama dengan Aparat Penegak Hukum (APH) yakni dari Polri dan TNI.

Kakanwil Kemenkumham Jambi, Adnan, saat apel menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dari implementasi pemasyarakatan maju yakni deteksi dini, pemberantasan narkoba dan sinergi dengan Aparat Penegak Hukum. 

"Deteksi dini merupakan tindakan yang paling berpengaruh karena ini merupakan bentuk preventif agar lapas terlepas dari gangguan keamanan dan ketertiban," ujar Adnan. 

Dikatakan Adnan, proses penggeledahan dilakukan serentak kedalam kamar hunian oleh petugas lapas dan APH. 

"Tes urin juga dilaksankan baik kepada warga binaan maupun petugas lapas," ucap Adnan. 

Ditambahkan Adnan, dari hasil kegiatan ini, tidak ditemukan barang terlarang berupa narkoba dan juga hasil tes urin terhadap warga binaan dan petugas.

"Dari hasil yang didapat, semuanya nihil. Dan Alhamdulillah, hasil tes urin semuanya negatif," sebut Adnan. 

Dari hasil kegiatan tersebut, Adnan mengucapkan terima kasih terutama kepada APH yang sudah ikut bekerjasama dalam kegiatan ini. 

"Tak luput juga, saya ucapkan kepada Kalapas Kuala Tungkal. Saya berpesan, agar deteksi dini dengan razia mandiri tentunya terus dilakukan," pungkasnya. (Put)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels