Tingkatkan Kerja Sama Air Bersih, Konsulat Jenderal Jepang di Medan Kunjungi Kota Solok

Realitakini.com- Kota Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar menyambut kunjungan Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Medan, Mr. Takonai Susumu, bersama rombongan di Halaman Balaikota Solok, Rabu (10/07/2024).

Tampak hadir dalam acara tersebut Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Maria Doeni Isa, Staf Ahli Walikota, kepala OPD terkait, Dirut Perumda Air Minum Pincuran Gadang Rabbiluski, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Mr. Takonai Susumu menyampaikan rasa terima kasihnya atas sambutan hangat yang diberikan.Ini adalah kunjungan pertamanya ke Kota Solok, sebuah kota yang istimewa karena telah lama bekerja sama dengan Kota Toyohashi dalam bidang penyediaan air bersih. Dimana Toyohashi juga dikenal memiliki teknologi unggul dalam manajemen air bersih, dan sangat berkomitmen dalam kerjasama ini.

“Kami berharap kerja sama ini dapat terus berjalan dengan baik,” ujar Mr. Takonai.Ia menjelaskan bahwa tugas Konjen meliputi perlindungan warga negara Jepang di Indonesia, serta peningkatan kerja sama dan hubungan persahabatan.

Atas nama Pemerintah Kota (Pemko), Walikota Solok Zul Elfian Umar atas mengucapkan selamat datang kepada Konsul Jenderal Jepang dan rombongan.

“Merupakan suatu kehormatan bagi kami menyambut kehadiran anda dalam acara istimewa ini,” ucap Walikota saat penyambutan Konsul Jenderal Jepang dan rombongan.

Zul Elfian Umar juga menekankan pentingnya hubungan yang telah terjalin antara Indonesia danJepang selama bertahun-tahun, yang telah memberikan banyak manfaat bagi kedua belah pihak.

"Khususnya, kerja sama Kota Solok dengan Kota Toyohashi dalam penyediaan air bersih telah me ningkatkan kualitas, dan kuantitas air bagi masyarakat setempat," tuturnya.

Kerja sama ini didasarkan pada perjanjian antara The Japan International Cooperation Agency (JICA), dan Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang ditandatangani pada 29 Agustus 2022. Proyek ini memiliki durasi tiga tahun sejak penandatanganan kontrak.

Saat ini, implementasi proyek masih berlangsung dengan kehadiran tenaga teknis dari Toyohashi Waterwork and Sewerage Bureau di Kota Solok untuk memberikan pelatihan dan bantuan teknis kepada teknisi dan operator Perumda Air Minum Pincuran Gadang, yang sebelumnya dikenal sebagai PDAM Kota Solok.Walikota Solok berharap, kerja sama ini dapat meningkatkan pelayanan air bersih di Kota Solok, sehingga air leding siap minum bisa tersedia bagi warga.

Selain itu, ia menginginkan eksplorasi peluang baru dalam berbagai bidang kerja sama, termasuk pendidikan dengan program pertukaran pelajar, ekonomi melalui pengiriman tenaga kerja terampil dan pengembangan UMKM, lingkungan dengan pengelolaan sampah dan daur ulang, serta teknologi dalam pembangunan Smart City.

“Kami mengajak seluruh masyarakat Kota Solok untuk mendukung penuh segala bentuk kerja sama dengan Pemerintah Jepang. Mari kita jadikan kunjungan Konsul Jenderal Jepang ini sebagai momentum untuk mempererat persahabatan, dan meningkatkan kerja sama yang saling menguntungkan,” himbaunya.

Setelah acara penyambutan, rombongan mengunjungi IPAL Kalumpang di Kelurahan VI Suku dan Agrowisata Batu Patah Payo di Kelurahan Tanah Garam. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post