Lurah Tangkil Katakan, Pagelaran Ringgit Wacual Gegerkan Masyarakat Wlingi

Realitakini.com-Blitar 
Pergelaran wayang kulit lakon “Wahyu Ketentraman” dalang Ki Minto Sudarsono di lapangan Watu Gede Kelurahan Tangkil Kec Wlinggi Kab Blitar  berlangsung meriah, Ribuan warga Blitar dan bahkan dari luar Blitar menyaksikan pergelaran wayang tersebut dengan penuh antusias, Jumat Malam (05/07/2024)

Kegiatan tersebut merupakan Sinergitas Penguatan dan Pelestarian Seni dan Budaya Melalui Pergelaran Wayang Kulit yang dilakukan UPT Taman Budaya Jatim (TBJ) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jatim bersama DPRD Provinsi Jatim dari Komisi D dan Pemkab Blitar di Kecamatan Wlinggi Kabupaten Blitar. 

Hadir pada kesempatan itu Kepala UPT Taman Budaya Jawa Timur Bapak Ali Ma’rup, S.Sos., MM mewakili Kadisbudpar Jatim Jatim Evy Afianasari ST, MMA, anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PAN, Ir. H M. Heri Romadhon, MM, Lurah Tangkil, Muspika Wlingi dan pejabat Pemkab Blitar. 

Lurah Tangkil Kecamatan Wlinggi,Supardi mengatakan, pihaknya sangat mengucap kan banyak terimakasih dengan anggota DPRD dari Komisi D provinsi Jatim beserta kepala UPT Taman BudayaProvinsi Jawa Timur yang sudah memberi kan hiburan kepada masyarakat Tangkil Kecamatan Wlinggi. 

"Alhamdulillah masyarakat kelurahan Tangkil kecamatan Wlinggi sangat ter hibur dengan adanya kegiatan ini, dan semoga kegiatan seperti ini terus ada dan selalu berjalan," katanya. 

Sementara itu Ir. H. M. Heri Romadhon, MM, anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur dari Fraksi PAN pada kesempatan itu mengemukakan pagelaran wayang kulit ini tidak hanya sekedar tontonan tetapi juga menjadi tuntunan bagi kita semua khususnya adik-adik, anak-anak generasi Z, generasi milenial agar bisa nguri-nguri budoyo luhur, nguri-uri jati diri bangsa Indonesia.

“Ora ketinggalan mergo penggalan (tidak melupakan karena suka) YouTube, gadget. Inilah tugas kita semuanya menjaga anak bangsa dalam rangka nguri-nguri budaya luhur agar kita tidak meninggalkan jati diri kita,” ujarnya.

Berdasarkan itu Heri Romadhon meng inisiasi pergelaran wayang di Watu Gede Kelurahan Tangkil Kecamatan Wlinggi Kabupaten Blitar dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Ia berjanji akan terus konsisten bersama pekerja seni, baik itu wayangan maupun seni jaranan untuk menggelar kegiatan secara bergiliran di lain desa dan kecamat an.

“Pada pesta demokrasi 14 Pebruari 2024, saya kembali diberi amanah untuk men jadi wakil rakyat lima tahun kedepan. Saya akan terus hadir bersama rakyat untuk menjalankan amanah. Kegiatan ini juga sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT,” ujarnya.

Disisi lain kata Heri Romadhon, pergelar an wayang in selain menjadi hiburan dan tuntunan juga bisa menggerakkan roda perekonomian masyarakat, “Misalnya sing bakul (pedagang) kacang, kopi, gorengan dll berjualan disini, Insya Allah mugo-mugo laris,” pungkasnya. (edy )

Post a Comment

Previous Post Next Post