Dihadiri Wakil Ketua DPRD, Nagari Talang Tangah Gelar Musnag RKP Tahun 2025 Dan DU RKP Tahun 2026


Realitakini.com Tanah Datar
 -Musyawarah Nagari (Musnag) Nagari Talang Tangah Kecamatan Sungai Tarab dengan agenda penyusunan Rencana kerja Pemerintah Nagari (RKP) Tahun 2025 dan pengusulan DU RKP Tahun 2026, Selasa (30/07/2024)  d Aula Rapat i Kantor wali nagari setempat . 

Kegiatan Musnag tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua BPRN Ramlli, S. AP,  turut di hadiri oleh Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra,  Kadis Parpora, Tim Musyawarah kabupaten, Camat Sungai Tarab A. Mirza. Aziz, wali nagari  Ketua BPRN, KAN, tokoh masyarakat, Niniak Mamak, Bundo kanduang, tokoh pemuda dan undangan lainnya 

Ketua BPRN Talang Tangah Ramli S. AP dalam sambutannya menyampaikan pengertian Musyawarah Nagari RKP Nagari adalah BPRN menyelenggarakan musyawarah dalam rangka penyusunan rencana pembangunan nagari hasil musnag menjadi pedoman bagi pemerintah nagari menyusun rancangan RKP Nagari dan DU RKP Nagari. 

"Penyusun rancangan RKP nagari dan DU RKP Nagari adalah penjabaran dari RPJM nagari untuk jangka waktu 1 tahun terdiri dari 5 bidang di antaranya yang pertama bidang penyelenggaraan pemerintahan nagari, yang kedua bidang pelaksanaan pembangunan nagari , yang ketiga bidang pembinaan ke masyarakat yang keempat bidang pemberdayaan masyarakat nagari dan yang kelima bidang penanggulangan bencana darurat, " ujarnya. 

Lebih lanjut Ketua BPRN menyampaikan hasil yang dicapai saat Musnag RKP adalah penetapan prioritas kegiatan RKP Nagari dan DU RKP Nagari yang kedua pembentukan tim verifikasi nagari. 

Sementara itu Wali nagari Talang Tangah Andre Andres menyampaikan atas nama pemerintah sudah memberikan kewajiban baik BLT, Bansos dan hal-hal lain demi kepentingan masyarakat. 

"kami sudah menganggarkan dana untuk pemeliharaan sarana dan prasarana khususnya jalan usaha tani melalui nagari minta punya kami sediakan itu sesuai dengan yang telah kami anggarkan di nagari hampir tiap tahun, " katanya. 

Sementara itu Kadis Parpora Riswandi dalam sambutannya menyampaikan harapannya untuk pelaksanaan satu Nagari satu even di nagari Talang Tangah yang keseluruhan pelaksanaan fi tiap nagari akan berakhir tahun 2025.

"Arah kebijakan pembangunan nagari harus sesuai dengan arah kebijakan pemerintah kabupaten, bupati dan wakil bupati mengusung namanya misi dan itu ada enam program dan kegiatan dan Dinas Parpora memiliki tanggung jawab dengan misi ke empat yaitu terwujudnya pembangunan pariwisata yang berkelanjutan berazaskan budaya dan SDA, perwujudan dari misi tersebut salah satunya adalah pelaksanaan Satu Nagari Satu Even," sampainya. 

Wakil ketua DPRD  Tanah Datar Anton Yondra dalam sambutannya menyampaikan kehadirannya di Nagari Talang Tangah adalah bentuk tanggung jawabnya sebagai perwakilan dari rakyat karena pada pileg tahun 2024 kemarin dirinya dapat suara terbanyak dari daerah tersebut. 

"Anggota DPRD dipilih oleh masyarakat dan memiliki kewajiban untuk masyarakat karena itu salah satu sumpah anggota DPRD adalah memperjuangkan aspirasi masyarakat yang memilihnya, aspirasi tersebut dituangkan melalui program  musyawarah Nagari, " ungkapnya. 

Camat Sungai Tarab A. Mirza Aziz dalam sambutannya menyampaikan tujuan musyawarah adalah untuk menentukan mana yang menjadi skala prioritas dan itu nantinya yang akan di dahulukan, dan juga camat menyampaikan terkait satu Nagari satu even untuk itu camat berharap pelaksanaan bisa berjalan di tahun 2025.

"Kemarin di Talang Tangah bersama Marinir, pi. Pimpinan daerah, Forkpimda bersama masyarakat sudah melakukan pembersihan untuk batang Sigarunggung selama seminggu berposko di depan masjid dan berjalan dengan baik untuk itu kami ucapkan terimakasih kasih, dan kewaspadaan kita terhadap cuaca sudah berkurang namun kita harus tetap waspada karena saat ini musim panas, " tukas Camat A. Mirza Aziz. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels