Arakan 1000 Baki dan 1000 Sniper Disemaraknya Festival Tuan kadhi Season II


Realitakini.com Tanah Datar
 -Satu Nagari Satu Even  Festival Tuan Kadhi Season II Nagari Padang Ganting, kecamatan Padang Ganting, "Baghaghak Saghibu Baki dan Berburu Hama Wisata 1000 Sniper/Penembak dari Sumbar Riau dan jambi dan Penampilan seni budaya anak nagari di buka secara resmi oleh bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Senin (29/07/2024) di Lapangan Guguak Pinang Bulek Jorong Koto Gadang Hilir nagari setempat. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny Lise Eka Putra, Kepala OPD, Forkopimca, Camat, Wali Nagari, Tokoh masyarakat, Niniak Mamak, Ketua BPRN, ketua KAN, Tokoh pemuda, bundo kanduang, dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Wali nagari Padang Ganting  Harmansyah menyampaikan acara satu nagari satu even di Padang Ganting sudah dilaksanakan sejak hari minggu tanggal 28 Juli dengan giat berburu wisata hama dengan dengan diikuti 1000 sniper atau penembak dari Sumbar, Riau dan Jambi. 

"Hari ini kegiatan dimulai dengan Arakan Saghibu Baki oleh masyarakat Padang ganting dan bundo kanduang yang melambangkan antaran untuk anak yang menikah, setelah sebelumnya kemarin dilaksanakan kegiatan berburu wisata hama yang di ikuti oleh 1000 penembak  sniper dari Sumatra Barat, Riau dan jambi, " ujarnya. 

Tujuan kegiatan Arakan Saghibu Baki, dan wisata berburu hama 1000 tersebut adalah Mengangkat citra budaya dan ikon budaya lokal Padang Ganting dalam mengembangkan umkm dan ekonomi kemasyarakatan. 

Di kesempatan tersebut wali nagari meminta pemerintah untuk membantu untuk memperbaiki  rumah tuan Kadhi karena kondisinya sudah tidak bisa di tempati, seperti di ketahui Tuan kadhi merupakan salah satu dari Basa Ampek Balai sebagai menteri pendidikan dan agama yang menjadi ikon dari nagari padang ganting. 

Salah satu dari tokoh masyarakat sekaligus tokoh perantau Suparman dalam sambutannya menyampaikan padang ganting memiki sumber daya alam, seperti air panas, keindahan alam serta kandungan batu bara, dan kuliner seperti lapek baisi, Karupuak laweh, dan kacang tujin untuk itu ia berharap perhatian dari bupati dalam mengembangkan potensi daerah tersebut. 

"Padang ganting memiliki sumber daya alam yang banyak dan memiliki tokoh tokoh perantau untuk itu kita berharap tokoh tokoh tersebut memiliki cara agar bisa mengembangkan potensi daerah untuk pariwisata dan lainnya, " ujarnya. 

Lebih lanjut ia menyampaikan harapan agar semua masyarakat bisa mendukung kegiatan nagari dalam membangun daerah dan mengembangkan potensi daerah sehingga dengan kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ucapan Terima kasih kepada pemerintah nagari  dan semua unsur yang terlibat yang sudah berhasil  melaksanakan even besar  dalam satu nagari satu even. 

"Saya atas nama pemerintah daerah mengucapkan Terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan satu nagari satu event Pesona Tuan khadi season II dengan tema Baghaghak Saghibu Baki, Berburu Hama wisata 1000 sniper atau penembak Simbar, Riau dan Jambi yang sangat mempesona dengan semua tampilan dan tarian masal yang sangat luar biasa," ujar bupati. 

Lebih lanjut Bupati Eka Putra  menyampaikan Nagari Padang Ganting memiliki potensi wisata budaya spesifik yang sudah sangat terkenal dengan ikon nagari ulama besar Tuan kadhi  ada juga ulama besar Syech Ibrahim dan Syech Al Ayubi, juga memiliki sumber daya alam yang banyak. 

"Harapan kami semua potensi bisa dikelolah sehingga bisa menambah sumber pendapatan di Nagari, Selain Kita memperkenalkan sejarah juga menjual sejarah, untuk itu terus lah untuk selalu menggali dan mengembangkan berbagai kearifan lokal yang ada di nagari Padang Ganting dengan membuat paket wisata dalam meningkatkan perekonomian masyarakat," tukas Bupati Eka Putra. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post