Walikota Solok Zul Elfian Umar Hadiri Rakernas Apeksi XVII

Realitakini.com-Kota Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar turut menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) AsosiasiPemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVII, di Balikpapan Sport and Convention Center Kalimantan Timur, Selasa (04/06/2024). Acara Rakernas Apeksi XVII tersebut secara resmi dibuka oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Dalam sambutannya, Presiden RI Joko Widodo menekankan perlunya persiapan matang menghadapi masa depan, khususnya dengan prediksi bahwa pada tahun 2045, 70 persen penduduk Indonesia akan tinggal di perkotaan.

“Di tahun 2045, 70 persen penduduk kita akan ada di perkotaan. Sementara itu, pada tahun 2050, 80 persen penduduk dunia juga akan tinggal di perkotaan. Apa yang akan terjadi? Beban kota akan men jadi sangat berat,” kata Joko Widodo.

Joko Widodo menekankan pentingnya perencanaan kota yang detail untuk mencegah masalah sosial, seperti pengangguran dan tunawisma yang sering terjadi di kota-kota di Eropa dan Amerika.“Kita tidak ingin hal itu terjadi di negara kita, Indonesia,” tegas Joko Widodo.

Selain itu, Presiden RI juga menyampaikan visinya untuk menjadikan kota-kota di Indonesia sebagai kota masa depan yang nyaman dan layak huni. Ia mengingatkan bahwa tantangan seperti kemacetan sudah mulai dirasakan di beberapa kota besar seperti Balikpapan, Surabaya, Bandung, dan Medan.

Untuk mengatasi masalah ini, Joko Widodo menekankan pentingnya mempersiapkan transportasi massal di setiap kota, dengan menyebutkan alternatif seperti ART (Autonomous Rapid Transit), yang lebih ekonomis dan efisien.

“Tidak pakai rel, pakai magnet. Bisa 3 gerbong, 2 gerbong, atau 1 gerbong. Ini jauh lebih murah. Jika APBD memiliki kemampuan, bisa berbagi 50-50 dengan APBN,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Joko Widodo juga menyebutkan bahwa kota masa depan harus ramah terhadap pejalan kaki, penyandang disabilitas, pesepeda, dan lingkungan. Menurutnya, penghijauan kota juga menjadi salah satu fokus utama untuk menciptakan lingkungan yang sejuk dan nyaman.

“Kota masa depan yang diidamkan adalah kota yang green city, smart city, creative city, liveable, dan lovable,” tutup Presiden.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut adalah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Investasi sekaligus Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Penjabat Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Wali Kota Balikpap an Rahmad Mas’ud, dan Ketua Dewan Pengurus Apeksi Eri Cahyadi. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post