Walikota Solok dan Wakil Ketua DPRD Ikuti Wawancara Penilaian Green Leadership Nirwasita Tantra

Realitakini.com-Kota Solok
Walikota Solok Zul Elfian Umar, dan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Solok, Efriyon Coneng mengi kuti sesi wawancara dengan tim panelis penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra secara Daring di ruang Zahirmi Ajiz, Balaikota Solok, Selasa (11/06/2024).

Penghargaan Nirwasita Tantra diberikan kepada kepala daerah yang berhasil menerapkan kebijakan berbasismetodologi pembangunan berkelanjutan, untuk mem perbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penilaian penghargaan ini didasarkan pada Dokumen Informasi Kinerja Pe ngelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD), yang disusun setiap tahun oleh provinsi, kabupaten dan kota.

Salah satu tahapan penilaian Nirwasita Tantra adalah wawancara dengan kepala daerah dan pimpinan DPRD oleh tim panelis, yang terdiri dari aktivis lingkungan, akademisi, jurnalis, dan perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Kota Solok mendapatkan jadwal wawan cara pada hari kedua sesi keenam, pukul 15.00–16.15 WIB, yang dilakukan secara virtual.

Dalam sesi tersebut, Walikota Zul Elfian Umar memaparkan isu prioritas lingkung an hidup, inovasi, serta kebijakan yang dikembangkan untuk menjawab isu tersebut selama tahun 2022.

Walikota Solok juga menjelaskan bagai mana Pemerintah Kota (Pemko) melibat kan komunitas, termasuk anak muda dan kerjasama dengan PT. Semen Padang dalam program “Nabuang Sarok” untuk pengelolaan sampah.

Wakil Ketua DPRD, Efriyon Coneng, me maparkan peran dan fungsi DPRD dalam pengelolaan lingkungan hidup di Kota Solok, mencakup fungsi legislasi, pengang garan, dan pengawasan.

Pada kesempatan itu, tim panelis me nanyakan tentang inovasi pengelolaan sampah dan keterlibatan komunitas dalam pelaksanaannya. Selain itu, terkait isu pe nurunan kualitas air, Walikota Solok me nyebutkan bahwa kerjasama dengan Kota Toyohashi, Jepang, untuk penyediaan air layak minum.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solok, Edrizal yang turut men dampingi Walikota Solok menyebut kan bahwa penghargaan Nirwasita Tantra diharapkan dapat mendorong pengelolaan lingkungan hidup yang lebih baik di daerah, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Edrizal juga berharap bahwa pada tahun ini, penghargaan Nirwasita Tantra bisa diraih kembali oleh Walikota dan Pimpinan DPRD Kota Solok, setelah tahun sebelum nya diraih oleh Ketua DPRD Kota Solok.

“Melalui penghargaan Nirwasita Tantra, kami berharap terwujud pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik di daerah," ucapnya. 

Penghargaan ini, lanjutnya, juga diharap kan mendorong munculnya Green Leader ship, dimana tidak hanya kepala daerah, namun juga para wakil rakyatnya menjadi semakin peduli dengan lingkungan hidup, dan ikut berperan dalam pembangunan di daerahnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post