Tingkatkan Mutu Pendidikan di Kota Solok, 103 Guru Penggerak Angkatan 8 Dan 9 Tahun 2024 Dikukuhkan

Realitakini.com- Kota Solok
Sebanyak 103 Guru Penggerak, dan 19 Pengajar Praktik dari Angkatan 8 dan 9 Tahun 2024 resmi dikukuh kan, dalam upaya memperkuat peran mereka dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kota Solok.Acara pengukuhan berlangsung di Kubuang Tigo Baleh Kota Solok, Kamis (13/06/2024).

Acara pengukuhan tersebut dihadiri oleh Asisten I Setda Kota Solok Bidang Pemerintahan dan Kesra, Drs. Nova Elfino, perwakilan dari Badan Guru Penggerak (BGP) Sumatera Barat Rosa Ria Ayu, S.Pd, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok Irsyad, M.Pd, perwakilan dari Cabang Dinas Provinsi Wilayah III Solok Raya, para pengawas sekolah, penilik, serta kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Solok.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Solok, Irsyad menekankan bahwa Program Guru Penggerak adalah bagian dari inisiatif Merdeka Belajar, dan akan menjadi salah satu syarat untuk menjadi kepala sekolah.

“Salah satu prasyarat untuk kenaikan jabatan kepala sekolah adalah berasal dari kalangan GuruPenggerak. Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Solok, melalui pemberdayaan dan peningkatan peran guru yang berdedikasi, sehingga menjamin kepemimpinan yang berkualitas dimasa depan,” kata Irsyad.

Sementara itu, Rosa Ria Ayu menambahkan bahwa Guru Penggerak merupakan aset berharga yang ber potensi menjadi kepala sekolah atau pengawas sekolah. Guru Penggerak ini adalah individu yang luar biasa, harus melewati tiga tahap seleksi dan enam bulan belajar, baik Daring maupun Luring. 

"Mereka diharapkan dapat menginspirasi, dan berkolaborasi dengan rekan guru lainnya untuk meningkat kan pembelajaran yang bermakna dan berpihak pada siswa, sehingga diharapkan lahir peserta didik yang berprestasi,” ucap Rosa Ria Ayu.

Asisten I Setda Kota Solok Drs. Nova Elfino, juga menyatakan bahwa Guru Penggerak dipersiapkan sebagai pemimpin sekolah yang berfokus pada pembelajaran (Instructional leaders).

“Kita berharap para Guru Penggerak memiliki kompetensi dalam pengembangan diri dan orang lain, pengembangan pembelajaran, manajemen sekolah, serta pengembangan sekolah," kata Nova Elfino. 

Dilanjutkannya, Pemerintah Kota (Pemko) Solok berkomitmen serius terhadap peningkatan pendidikan, karena pendidikan sangat penting untuk masa depan anak-anak kita, dan kualitas mereka merupakan refleksi masa depan bangsa kita. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels