Sekwan DPRD Sumbar : Pentingnya Paham Proses Legislasi Sebagai Calon Penerus Pemerintahan

Realitakini.com-Padang 
 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat dapat kunjungan dari Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta dalam rangka  kegiatan studi lapangan, Selasa (04/06/2024).
Kegiatan ini merupakan bagian dari program akademik untuk memberikan pemaham an praktis kepada mahasiswa mengenai fungsi legislasi dan proses legislasi di tingkat daerah.

Rombongan mahasiswa tersebut didampingi oleh Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr. Sanidjar Pebrihariati dan diterima langsung oleh Sekretaris DPRD Provinsi Sumbar, Raflis, didampingi Kepala Bidang Peradilan dan Perundang-undangan, Zardi Syahrir dan Kepala Subbagian Protokol dan Humas Darul Idris.

Dalam sambutannya, Raflis menyampaikan pentingnya pemahaman proses legislasi bagi mahasiswa hukum, sebagai calon penerus yang akan berkontribusi di bidang hukum dan pemerintahan di masa depan.Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan praktis mengenai mekanisme kerja DPRD, mulai dari penyusunan hingga pengesahan peraturan daerah. Semoga mahasiswa dapat belajar banyak dari pengalaman ini, kata Raflis.

Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa berkesempatan mengikuti sesi diskusi mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai anggota dewan. Diskusi ini mencakup berbagai topik, mulai dari proses pengambilan kebijakan, pengawasan pemerintah daerah, hingga peran DPRD dalam pembangunan daerah.

Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mendengarkan pemaparan mengenai jalannya sidang pleno. Mereka memperoleh pemahaman tentang bagaimana anggota dewan berdebat dan berargumen tasi mengenai berbagai permasalahan yang menjadi perhatian masyarakat Sumatera Barat. Pengalaman ini memberikan gambaran nyata mengenai dinamika politik dan peraturan perundang-undangan di tingkat daerah.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kita bisa belajar bagaimana teori yang kita pelajari di kelas diterapkan dalam praktik. “Ini sangat memotivasi kami untuk belajar lebih giat,” ujarnya.Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Universitas Bung Hatta, Dr Sanidjar Pebrihariati yang turut hadir dalam kunjungan tersebut menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut.

“Kami berharap kunjungan ini menjadi salah satu langkah awal bagi mahasiswa untuk lebih memahami dan terlibat aktif dalam proses legislasi dan perkembangan hukum di Indonesia,” ujarnya.Kegiatan kuliah lapangan ini diakhiri dengan foto bersama antara mahasiswa, dosen dan Sekretaris DPRD Sumbar serta jajarannya. (* RK)





Post a Comment

Previous Post Next Post