Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Wawako Solok Pimpin Penanaman Pohon Bintaro

Realitakini.com-Koata  Solok 
Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebanyak 21 batang pohon jenis bintaro ditanam sepanjang aliran sungai Batang Lembang, tepatnya di belakang Masjid Al Hidayah, Kelurahan VI Suku Kota Solok.

Kegiatan penanaman pohon bintaro itu dipimpin oleh Wakil Walikota (Wawako) Solok, Dr. H. Ramadhani Kirana Putra, SE, MM, didampingi oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sisvamedi, SH, MH, serta diikuti oleh beberapa OPD terkait.

DLH Kota Solok merupakan unsur pelaksana pemerintah daerah di bidang pengelolaan lingkungan hidup, salah satu tupoksi DLH adalah pengelolaan sampah dan penghijauan.

Menurut Sisvamedi, setiap tahunnya Hari Lingkungan Hidup Sedunia dirayakan dengan tema yang ber beda. Tahun ini, mengacu pada The United Nations Environment Programme (UNEP), Hari Lingkungan Hidup difokuskan pada kegiatan pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

"Pemulihan lingkungan menjadi kunci dalam membalikkan arus degradasi lahan, meningkatkan mata pencaharian, mengurangi kemiskinan, dan membangun ketahanan terhadap cuaca ekstrem," kata Sis vamedi , Jumat (07/06/2024).

Dikatakannya, pemulihan tersebut juga meningkatkan penyimpanan karbon dan memperlambat dampak perubahan iklim. Pohon bintaro dipilih sebagai simbol pemulihan alam, karena kemampuannya dalam mencapai ketinggian 10-20 meter. 

"Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan, penghias, dan peneduh di perkotaan. Semoga kegiatan penanaman pohon ini dapat meningkatkan kesadaran, dan kepedulian masyarakat dalam menjaga lingkungan secara berkelanjutan, terutama dalam menghadapi krisis iklim saat ini,” pungkasnya. (Sy)

Post a Comment

Previous Post Next Post