Berada Di Pauh, Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Pantau Stunting

Realitakini.com-Padang
Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Republik Indonesia Pribudiarta Nur Sitepu beserta rombongan melakukan kunjungan ke Posyandu Melati 3, Kelurahan Limau Manis Selatan, Kecamatan Pauh, Kota Padang, Rabu (26/06/2024).

Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak Republik Indonesia Pribudiarta Nur Sitepu menyebut, kunjungan ke Posyandu Melati 3 Kelurahan Limau Manis Selatan untuk melihat pengukuran dan intervensi serentak pencegahan stunting di Kota Padang.

Dalam kunjungan tersebut pihaknya menyaksikan pelaksanaan pengukuran dan intervensi serentak pencegahan, penyerahan simbolis bantuan PMT dan berdialog dengan masyarakat.Pribudiarta Nur Sitepu dalam sambutannya, menekankan pentingnya peran para ibu dalam mencegah stunting.

“Stunting kuncinya pada ibu, semua hanya membantu, kuncinya di masing-masing ibu, biar dibantu bagaimanapun, kalau ibunya tidak peduli pada anaknya, tidak akan berhasil,” ujar Deputi Bidang Pemenuhan Hak Anak RI di depan warga.Selain itu, ia juga memantau ketersediaan antropometri dan penginputan hasil penimbangan ke aplikasi elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM). 

"Sehingga diharapkan datanya akurat dan upaya dalam melakukan kegiatan intervensi serentak pencegahan stunting dapat optimal," katanya saat memantau. Deputi Bidang Pemenuhan Anak itu mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kota Padang Melalui Dinkes Padang dan Dinas DP3AP2KB terhadap penyelenggaraan Posyandu.

"Harapannya, dukungan yang sudah diberikan semakin meningkatkan capaian gerakan intervensi se rentak pencegahan stunting di Kota Padang," harapnya.Sementara itu, Pj Wali Kota Padang yang d iwakili Kepala Dinas Kesehatan dr Srikurnia Yati menerangkan, data balita yang sudah masuk di elektronik-Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) sebanyak 58.186 balita. 

"Alhamdulillah sampai hari ini kita sudah input sebanyak 92,99%. Harapan Kita sampai dengan akhir bulan Juni ini akan mencapai 95%," harap Kadiskes.

"Untuk itu kita tidak hanya mengukur balita, tapi harus melakukan intervensi, apabila kita temui anak-anak yang stunting, langsung kita lakukan deteksi dini tumbuh kembang anak, kemudian apabila anak nya bermasalah, kita akan rujuk ke RSUD Rasidin," tambah Srikurnia Yati.

Hadir pada kegiatan tersebut, Asdep Pemenuhan Hak Anak Kesehatan dan Pendidikan Amurwani Dwi Lestariningsih, Tim Kemenkes RI, Kepala DP3AP2KB Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Ke sehatan Kota Padang Srikurnia Yati, Kepala DP3AP2KB Kota Padang Eri Sanjaya, Pimpinan OPD dilingkungan Pemko Padang, Camat Pauh, Forkopimca, CSR Semen Padang, Kader Posyandu serta para pemangku kepentingan lainnya.(Hariz/Charlie- RLK)

Post a Comment

Previous Post Next Post