Sosialisasi Bahaya Nyamuk Terhadap Lingkungan Dan Kehidupan Masyarakat Nagari Lunang Tiga

Realitakini.com-Lunang Tiga
Nyamuk Dapat Membawa Virus Penyakit Demam Dengue, Malaria, Dan Filariasis. Jumlah Kasus Meningkat Di Musim Penghujan.Indonesia masih menghadapi berbagai permasalahan kesehatan. Salah satunya adalah penyebar an vektor penyakit yang semakin beragam. Menurut Regulasi Kesehatan Internasional dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2005 dan telah diberlakukan sejak Juni 2007, vektor penyakit adalah serangga atau hewan lain yang biasanya membawa organisme patogenik atau kuman penyakit dan merupakan faktor risiko bagi kesehatan masyarakat. Vektor yang menyebar kan dan menjalani proses penularan penyakit itu, antara lain, adalah lalat, kutu, nyamuk, hewan kecil seperti mencit, tikus, dan hewan pengerat lain. 

Vektor menyebarkan agen dari manusia atau hewan yang terinfeksi ke manusia atau hewan lain yang rentan melalui kotoran, gigitan, dan cairan tubuhnya atau secara tidak langsung dengan mencemari makanan. Saat memasuki musim penghujan seperti bulan Februari ini, peningkatan kasus penyakit yang ditularkan oleh nyamuk sangat rentan terjadi.

Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, drh. Didik Budijanto, M.Kes., 6 Desember 2023penyakit yang disebabkan oleh vektor nyamuk sangat erat hubungannya dengan curah hujan karena curah hujan yang tinggi merupakan lingkungan yang sangat mendukung nyamuk untuk berkembang biak lebih banyak lagi. Ada beberapa masalah kesehatan yang disebabkan oleh nyamuk, seperti demam berdarah atau demam dengue, malaria, filariasis atau kaki gajah, chikungunya, dan encephalitis Jepang.

Ada Banyak Metode Untuk Memberantas Nyamuk Pembawa Penyakit Dan Jentik Nyamuk. Pengasap an Atau Fogging Salah Satunya. Harus Diterapkan Dengan Hati-Hati Penyakit yang disebabkan oleh nyamuk sebagai vektor dapat terjadi di musim hujan maupun kemarau. Menurut Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, drh. Didik Budijanto, M.Kes., kasus demam berdarah dengue (DBD) secara umum meningkat di musim hujan karena terbentuknya banyak habitat baru nyamuk di sekitar permukim an penduduk, seperti ban bekas, kaleng bekas, dan aneka barang yang dapat menampung air hujan.

 “Arbovirus sebenarnya cenderung memiliki pola musiman dengan puncak penularan selama dan setelah musim penghujan,” kata Didik kepada Mediakom pada 17 Februari lalu. Arbovirus adalah se kelompok virus yang ditularkan ke manusia oleh spesies artropoda pengisap darah, terutama serangga seperti nyamuk.(Faradina Ayu,DRH. DIDIK BUDIJANTO, M.KES)

hal senada juga disampaikan oleh kepala dinas kesehatan kabupaten pesisir selatan dalam kesempatan tersebut diwakili oleh kepala bidang penanganan dan penindakan dinas kesehatan kabupaten pesisir selatan. dalam penyampaiannya saat acara musrenbang nagari telah selesai dilaksanakan beliau me nyampaikan kepada peserta yang hadir untuk menjaga kebersihan lingkungan di sekitar perumahan. untuk pencegahan lebih lanjut akan dilaksanakan penyemprot an Voging secara menyeluruh terhadap perumahan dan lingkungan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 desember 2023 oleh puskesmas tanjung beringin lunang.(*- RK

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels