Disparpora Tanjabbar Gelar Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kecamatan Tahun 2023

Disparpora Tanjabbar Gelar Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kecamatan Tahun 2023. Foto: Put

Realitakini.com, Tanjabbar - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), menggelar seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Kecamatan untuk persiapan Pemuda Pelopor Kabupaten Tanjabbar Tahun 2024.

Kepala Dinas (Kadis) Parpora Tanjabbar, Hermansyah, S.Stp., MH, melalui Kabid Pemuda dan Olahraga, Ropi, SE mengatakan, kegiatan ini bertujuan 
untuk meningkatkan peran serta Pemuda dalam pembangunan Daerah, khususnya di Tanjabbar. 

"Dengan melalui Pemuda Pelopor yang merupakan program dari Kemenpora RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjabbar, melalui Disparpora, pada Tahun 2023 ini kita telah berhasil mengirimkan seorang peserta untuk mengikuti seleksi Tingkat Nasional," ujarnya, kepada Realitakini.com, Selasa (19/12/2023) sore.

"Sebelumnya kita mengutus 5 Pemuda asal Tanjabbar untuk mengikuti seleksi tingkat Provinsi Jambi. Alhamdulillah, 3 Pemuda kita berhasil lolos seleksi di Tingkat Provinsi Jambi," sambungnya. 

Dikatakan Ropi, setelah mengevaluasi pola seleksi di Tahun 2023 yang minim pesertanya, Disparpora Tanjabbar bekerjasama dengan Forum Pemuda Pelopor Indonesia (FPPI) Tanjabbar membuat terobosan atau inovasi seleksi Pemuda pelopor untuk Tahun 2024.

"Pola ini kita lakukan dengan sistem jemput bola ke Kecamatan-Kecamatan yang berada di Wilayah Kabupaten Tanjabbar," terangnya.

Ditambahkan Ropi, kegiatan seleksi Tingkat Kecamatan berlangsung selama 5 (Lima) hari, terhitung sejak Tanggal 11-14 Desember 2023 yang terbagi menjadi lima Zona.

"Zona satu ialah Kecamatan Betara dan Kuala Betara, zona dua Kecamatan Tungkal Ulu Batang Asam, dan Tebing Tinggi, zona tiga Kecamatan Merlung, Muara Papalik, dan Renah Mendaluh, zona empat  Kecamatan Pengabuan dan Senyerang, dan zona lima  Kecamatan Tungkal Ilir, Bram Itam dan Seberang Kota," sebutnya.

Dengan pola ini, kata Ropi, ternyata cukup efektif dengan melihat peserta dari Kecamatan cukup banyak yang berminat untuk mengikuti seleksi Pemuda Pelopor.

"Mudah-mudahan peserta yang nantinya kita utus untuk mewakili Kabupaten Tanjabbar bisa lolos ke Tingkat seleksi Pemuda Pelopor Provinsi Jambi dan bisa Juara di Tingkat Nasional," pungkasnya. (put)

Post a Comment

Previous Post Next Post