Pokir Anggota DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano Serahkan 200 Batang Bibit Alpukat


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Anggota DPRD provinsi Sumatera Barat dari Fraksi Partai Demokrat Ir H Arkadius Dt Intan Bsno, MM, M. BA bersama Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikukutra  serahkan bibit alpukat  kepada Kelompok. Wanita Tani (KWT) Cinta Sehat Jorong Ampalu Ketek Nagari Parambahan, Selasa (07/11/2023). 

Penyerahan bibit alpukat tersebut diterima oleh perwakilan dari KWT Cinta Sehat serta turut dihadiri oleh pengurus dan anggota kelompok tersebut setelah sebelumnya  melalui survey oleh dinas terkait. 

Bersumber dari dana pokok pikiran Anggota DPRD Sumbar, dalam Penyerahan tersebut sebanyak 200 batang bibit alpukat akan ditanam oleh kelompok tersebut  dilahan yang disampaikan oleh salah seorang perwakilan kelompok merupakan yang termasuk  daerah tadah hujan. 

Dalam kesempatan tersebut Arkadius Dt Intan Bano Berharap kelompok wanita  tani  cinta sehat betul betul bisa untuk merawat dan menjaga tanaman alpukat tersebut sehingga nantinya diharapkan bisa untuk menunjang perekonomian petani. 

"Untuk itu kita berharap kepada kelompok wanita tani cinta sehat agar bisa menanam dan merawat dengan baik sehingga nantinya ketika masa panen tiba akan bisa menunjang perekonomian anggota kelompok apalagi di daerah ini saya dengar dan lihat termasuk daerah sawah tadah hujan karena tidak memiliki  embung ataupun saluran irigasi, " ujarnya. 

Lebih lanjut Arkadius Dt Intan Bano juga berharap agar dengan menanam tanaman alpukat akan menambah nilai ekonomis didaerah tersebut. 

"Saya sangat setuju kalau ada nama sebutan untk sebutan kampung alpukat atau kampung durian  karena akan ada nilai ekonomis yang akan berkembang jika memang betul betul. Dirawat dan dipelihara sehingga menghasilkan kan produk buah yang berkualitas dan nilai jual tinggi,untuk itu perlunya inventaris lahan serta jumlah kelompok," tukas Dt Intan Bano. 

Disamping itu Arkadius Dt Intan Bano juga mendorong kelompok tani untuk mengembangkan peternakan madu Galo Galo di sela sela tanaman Alpukat. 

Sementara itu Kabid Tanaman pangan dan holtikultura kabupaten Tanah Datar berharap kelompok wanita tani Cinta sehat 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dinas Tanaman pangan dan Holtikultura Provinsi Sumatra Barat Rizki Hidayat, Dinas Pertanian kabupaten Tanah Datar Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura, kepala jorong dan anggota kelompok Tani Cinta Sehat. (**) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post