Arkadius Dt Intan Bano Terima Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara


Realitakini.com  Tanah Datar                                   -Dinilai sangat berkontribusi dalam mendorong terjaganya ketahanan pangan di Sumatra Barat anggota DPRD Sumbar Ir H. Arkadius Dt Intan Bano, MM, MBA menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara. 

Penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara diserahkan oleh Wakil Gubernur  Sumatra Barat Audy Joinaldy, Jumat (24/11/2023) The ZHM Premiere Hotel Padang

Penerima penghargaan APN diantaranya dari kepala daerah yaitu Bupati Sijunjung, Bupati Pasaman Barat, wali kota Solok. Sedangkan penerima APN dari tokoh Masyarakat diantaranya Arkadius Dt Intan Bano, Joinerry Kahar, dan Ir. Fajaruddin.

Dalam kesempatan tersebut Wagub Audy Menyampaikan jika penghargaan tersebut merupakan apresiasi diberikan kepada kepala daerah dan tokoh masyarakat yang dinilai sangat berkontribusi dalam mendorong ketahanan pangan, apalagi Sumbar dengan indeks prestasi  ketahanan pangan saat ini berada di peringkat ke-5 nasional setelah sebelumnya berada di posisi 8.

Sebagai bentuk upaya mendorong ketahanan pangan Anggota DPRD Sumatra Barat Arkadius Dt Intan Bano melalui pokok pikiran sudah menyelenggarakan kegiatan baik berupah sosialiasi maupun penyerahan bantuan berupa bibit tanaman. 

Adapun dalam bentuk penyerahan bantuan Arkadius Dt Intan Bano melalui Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura  provinsi Sumatra Barat sudah menyerahkan bantuan berupah ribuan bibit alpukat, dan bibit Durian Montong kepada kelompok baik itu kelompok Tani maupun kelompok Wanita Tani (KWT) . 

Sedangkan bantuan berupa alat Arkadius Dt Intan Bano juga sudah menyerahkan ratusan alat pertanian berupah mesin bajak, cultivator mesin potong rumput, handsprayer elektrik dan sudah diterima dan sudah dimanfaatkan oleh ratusan kelompok Tani ataupun KWT

Sedangkan dalam bentuk sosialisasi Arkadius Dt Intan Bano bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Holtikultura Sumbar bebrapa sudah menggelar beberapa 
Beberapa waktu terakhir ( 18 November 2023 ) Ir. Arkadius Dt Intan Bano juga telah melaksanakan Program Penanganan Daerah Rawan Pangan di 6 Puskesmas wilayah kerja kecamatan  Batipuh, Kecamatan X Koto dan kecamatan Lintau buo Utara dan sosialisasi Perda No. 3 Tahun 2023 tentang Tata Kelola Komoditas Unggulan Perkebunanan

Anggota DPRD Sumbar dari Fraksi Demokrat tersebut juga sudah menyerahkan bantuan ribuan bibit ikan air tawar berupa bibit ikan gurami dan ikan lele kepada kelompok Tani. 

Selain itu melalui kegiatan pokirnya Dt Intan Bano juga menggelar berbagai pelatihan dan Bimtek di antara nya di bidang adat dan budaya, Peningkatan kapasitas pemangku adat, dan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas Aparatur Nagari/Desa, dan pelatihan tanggap bencana. (**/W/M) 

Mailis

Post a Comment

Previous Post Next Post