Bawaslu Pasaman Minta KPU dan Parpol Agar Mencermati DPT




 Realitakini.com -- Pasaman 

Dalam rangka peningkatan kualitas pengawasan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman dalam pelaksanaan tahapan Pemilu secara berkelanjutan di Pasaman, Bawaslu Pasaman gelar konferensi pers terkait publikasi hasil pengawasan pemutakhiran data pemilih.

Agenda ini dilaksanakan di Aula Media Center Bawaslu Pasaman, bersama awak media cetak, online dan elektronik, Kamis (12/10/2023).

Ketua Bawaslu Pasaman, Lumban Tori melalui kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Rini Juita menyampaikan, bahwa pasca ditetapkannya DPT Pemilu 2024 oleh KPU Pasaman, masih terdapat beberapa poin yang harus dicermati bersama.

"Dari hasil pengawasan dan pencermatan Bawaslu Pasaman terkait DPT Pemilu, masih adanya pemilih yang memenuhi syarat belum masuk DPT, pemilih yang tidak memenuhi syarat masuk DPT, pemilih yang ganda, pemilih perubahan status (TNI/Polri ke sipil atau sebaliknya). Terkait hal ini, tentunya sudah kita sampaikan dan koordinasikan ke KPU Pasaman guna menghasilkan DPT Pemilu 2024 yang valid dan berkualitas," ungkap Rini Juita.

Bawaslu Pasaman dalam hal mekanisme pengawasan pencermatan DPT, berdasarkan dan berpedoman kepada Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2023.

"Kendala yang Bawaslu Pasaman hadapi dalam pengawasan DPT, adalah tidak adanya (tidak diberikannya dengan alasan tertentu) soft maupun hardcopy data-data pemilih dari KPU Pasaman. Hal ini dapat kita siasati dengan meningkatkan koordinasi dengan stakeholder terkait yang dilakukan Panwascam atau PKD maupun Bawaslu untuk pencermatan DPT tersebut," terang Rini Juita.

Selain itu, tambah Rini, pasca penetapan DPT, Bawaslu juga mengimbau (melalui surat) kepada KPU Pasaman dan partai politik peserta Pemilu, agar bersama mencermati dalam penyusunan DPTb (Daftar Pemilih Tetap tambahan).

Dalam agenda kali ini, juga digelar sesi tanya jawab dari media kepada Bawaslu Pasaman tentang pengawasan dan pencermatan DPT tersebut.

Dalam konferensi pers ini, dihadiri anggota Bawaslu Rini Juita, Koorses Al Ikhwan dan staf sekretariat Bawaslu Pasaman bersama sejumlah awak media cetak, online dan elektronik. (Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post