Suguhan Kuliner Lapek Bugi Disemaraknya Festival Tuan Khadi Padang Ganting


Realitakini.com Tanah Datar                                   -Dibuka secara resmi oleh bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Festival Pesona Tuan Khadi Nagari Padang Ganting kecamatan Padang Ganting dalam program unggulan Satu Nagari Satu Even digelar dengan semarak dan meriah dengan berbagai macam tari dan arakan serta suguhan ribuan kuliner asli daerah tersebut yaitu lapek Bugi, Sabtu (29/07/2023) di Lapangan Bola Guguak Piliang Bukik Nagari tersebut. 

Turut dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Rony Mulyadi, Dt Bungsu Beserta Istri, Anggota DPRD dari Fraksi Hanura Wadrawati, Forkopimda, Dandim 0307/TD letkol Inf Czi Sutrisno Beserta Istri, Ketua PN Batusangkar Hanifzar beserta Istri, Kajari, Ketua TP-PKK Ny Lise Eka Putra, kepala OPD, Forkopimca, Camat, Tokoh Masyarakat Prof. Dr Musliar Kasim, wali nagari, Ninik mamak, alim cadiak pandai, bundo kanduang dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Walinagari Padang Ganting Marsal Umar menyampaikan kegiatan Festival tuan Khadi akan digelar selama tiga hari dari tanggal 29 - 31 Juli 2023 dalam rangka untuk menghidupkan kegiatan ekonomi masyarakat dan kegiatan Festival Pesona Tuan Khadi diharapkan bisa meningkatkan peningkatan ekonomi masyarakat di bidang umkm dan kuliner. 

"kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati, kepada panitia, dan semua para perantau yang telah mendukung kegiatan ini dan juga tidak lupa kata sampaikan ke semua unsur yang sudah mendukung kegiatan yang pada hari ini dan pada persiapan yang sudah kita lakukan beberapa hari yang lalu tidak akan terlaksana tanpa kerja keras bersama, " katanya. 

Sementara itu tokoh masyarakat Padang Ganting Prof Dr MuKhasim Kasim dalam. Sambutannya menyampaikan Karena Padang ganting adalah suatu Nagari kebanggaan karena di situ lahir tokoh-tokoh dari zaman dahulu seperti itu tadi yang hari ini selalu peringati dalam berbagai event. 

"Waktu dahulu belum ada SMA Negeri, dibangun SMA itu oleh masyarakat,  setelah SMA Jalan baru Kami serahkan tanah dan bangunannya kepada pemerintah yang nantinya dimanfaatkan untuk mendidik anak bangsa, kami tidak hanya membangun SMA kami juga MTs, untuk itu kami atas nama masyarakat mengucapkan Terima kasih dengan ditunjuk nya Padang Ganting sebagai pelaksana satu Nagari satu even, semoga bermanfaat dalam peningkatan ekonomi masyarakat," ujarnya. 

Bupati Tanah Datar Eka Putra dalam sambutannya mengatakan keberadaan tempat pemandian air panas terbukti mengangkat nama Nagari Padang gantiang bahkan juga tentunya mengangkat perekonomian masyarakat Padang ganting namun banyak hal lain yang sebenarnya juga dimiliki namun belum terekspos.

"Potensi wisata sejarah budaya seperti makam Tuan khadi makam Syekh Ibrahim makam Syekh Ayudi Tanjung Bungo, selanjutnya Batu Jajak Nabi yang menurut cerita dari masyarakat merupakan  pijakan telapak kaki Nabi selanjutnya salah satu pesona alam air terjun 7 tingkat yang sangat indah sejuk dan alami dan merupakan salah satu lokasi pelaksanaan untuk satu Nagari satu iklan ini terus kuliner yang terbaik adalah yang memiliki cita rasa tersendiri yaitu lapek Bugi, "  kata bupati. 

Untuk itu bupati Eka putra menyampaikan ucapan Terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana, pemerintah nagari, perantau, masyarakat,  dan semua unsur elemen masyarakat yang sudah mendukung acara yang sebesar dan se meriah pelaksanaan Festival tuan Khadi. 

"Kepada Mpokdarwis Padang ganting diharapkan untuk terus menggali dan mengembangkan potensi unggulan kita ini diharapkan potensi wisata yang ada dapat dikelola oleh anaknya anak-anak Nagari melalui badan usaha milik Nagari dengan membuat paket-paket wisata, " tukas Bupati Eka Putra,. (**) 

Reporter : Mailis RK

Post a Comment

Previous Post Next Post