Musnag Talang Tangah Dihadiri Dua Anggota DPRD Tanah Datar


Realitakini.com Tanah Datar 
 -Musyawarah Nagari (Musnag) Talang Tangah kecamatan Sungai Tarab dengan agenda perencanaan pembangunan untuk nagari Talang Tangah, turut dihadiri anggota DPRD Tanah Datar, Rabu (26/07/2023) di Kantor Wali Nagari setempat. 

Dibuka secara resmi oleh ketua BPRN Ramli, S. Ag Musnag Talang Tangah dihadiri oleh Wakil ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, anggota DPRD Nurhamdi Zahari, Tim Musnag Kabupaten, Forkpimca, Camat Sungai Tarab, Wali Nagari, Wali jorong, Ketua KAN, pengurus BPRN, tokoh masyarakat, Niniak Mamak, Alim ulama, cadiak pandai, tokoh pemuda, bundo kanduang dan peserta musyawarah. 

Dalam sambutannya Ketua BPRN Ramli Menyampaikan musyawarah Nagari dipimpin oleh BPRN difasilitasi oleh pemerintahan nagari dalam rangka penyusunan RKP nagari dan DU RKP

"Ada 5 bidang dalam penyusunan RKP nagari terdiri dari lima bidang, Bidang penyelenggaraan pemerintahan nagari, Bidang pelaksanaan pembangunan nagari, Bidang pembinaan masyarakat nagari,  Bidang pemberdayaan nagari, Bidang pembinaan masyarakat dan penanggulangan bencana alam, katanya. 

Wali nagari Talang Tangah Andry Andres dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada BPRN yang sudah menyelenggarakan kegiatan musyawarah nagari, kepada anggota DPRD Tanah Datar yang sudah hadir dan peserta musyawarah nagari 

"Melalui forum ini perlu kami sampaikan bahwasanya kegiatan pembangunan di nagari Talang Tangah yang mana tahun 2023 sampai tahun 2024 tetap di bantu oleh anggota DPRD yaitu Bapak Anton Yondra dan Bapak Nurhamdi Zahari melalui dana pokir, karena sering hadir untuk kegiatan kegiatan di nagari kita ini," katanya. 

Lebih lanjut walinagari menyampaikan pada tahun 2022 melalui dana pokir Anton Yondra membantu sebesar 100 juta dan tahun 2023 melalui dana pokir sebesar 125 juta untuk Rehabilitasi pembangunan kantor Wali nagari. 

Sementara itu dana pokir yang disalurkan Nurhamdi Zahari sebesar 140 juta digunakan untuk merehab jalan ke gunung medan, masjid dan lapangan pemuda dan sumur dan untuk tahun dana pokir untuk disalurkan ke nagari Talang Tangah Tahun 2023 sedang dalam proses. 

Camat Sungai Tarab  A. H Miza Arnis menyampaikan Agar PDB bisa meningkat dengan saling bekerja sama dan juga mengingatkan karena sudah masuk tahun politik untuk itu Miza berharap sama sama menjaga lingkungan agar kondusif, agar terciptanya pilwanag ba dunsanak . 

Sementara itu Wakil ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra dari Fraksi Partai Golkar dalam sambutannya mengatakan bahwa kehadirannya dalam Musnag tersebut sebagai bentuk dukungannya terhadap nagari Talang Tangah dengan menyalurkan dana  pokir untuk membantu kegiatan pembangunan di nagari tersebut. 

Hal yang sama juga disampaikan anggota DPRD dari Fraksi Partai Demokrat Nurhamdi Zahari yang menyampaikan akan siap mendukung kegiatan pembangunan di nagari tersebut. 

Tim  IV Musnag kabupaten Diwakili Netrizal menyampaikan amanat bupati mengatakan Musyawarah Nagari (musnag) merupahkan agenda rutin Nagari yang digelar setiap tahun sebagaimana diatur dalam peraturan mentri dalam negeri nomor 114 tahun 2014 tentang pedoman pembangunan Desa. 

"Musyawarah Nagari di Tanah Datar dalam rangka penyusunan RPJM dan RKP Nagari diatur lebih lanjut dengan Peraturan Bupati Tanah Datar nomor 23 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan Rencana Pemerintah jangka menengah (RPJM) dan Rencana Kerja pemerintah (RKP) Nagari, " ujarnya.  (**) 

Reporter : Mailis 

Post a Comment

Previous Post Next Post