Intensitas Hujan Tinggi Akibatkan Banjir dan Tanah Longsor, Sejumlah Warga di Ungsikan

Realitakini.com -- Pasaman

Akibat curah hujan yang cukup tinggi meluapnya Anak Air deras mengakibatkan banjir di Jorong Pandam dan Tabing Nagari Koto Kaciak Kecamatan Bonjol Kabupaten Pasaman Kamis 20 Juli 2023 sekira pukul 00.30 wib.

"Akibat kejadian tersebut sejumlah masyarakat terutama anak - anak dan orang tua di ungsikan ke sekolah dan fasilitas umum lainnya," ujarnya Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Pasaman, Alim Bazar, kepada Realitakini.com Kamis (20/7/2023).

Ia juga menjelaskan atas kejadian tersebut tidak korban jiwa dan dampak banjir bandang tersebut delapan rumah warga dan satu rumah ibadah rusak

Selain itu kata Alim Bazar juga terjadi tanah longsor di dua titik yakni batas Pasaman -- Agam dan tebing sungai Dareh Jorong Pandam.
"Material tanah longsor batas Pasaman - Agam menutupi jalan yg mengakibatkan macet total dan longsor tebing sungai Aia Dareh, mengakibatkan jalan beton yang digunakan masyarakat ambruk," ungkapnya.

Menurutnya, saat ini TRC BPBD Pasaman telah melakukan pendataan kebutuhan dasar warga terdampak untuk di drop dari gudang logistik.

Terhadap longsor di jalan Nasional Pasaman - Agam pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak PU yang mengelola jalan Nasional dan  malam ini mereka sudah bergerak," tutupnya. (Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post