Wabup Pesisir Selatan,Rudi Hariyansyah: Prosesi Patang Balimau Sudah Menjadi Warisan Budaya Masyarakat Semua,

Realitakini.com-Pesisir Selatan
 
Wakil Bupati Pesisir Selatan, Rudi Hariyansyah berkesempatan hadir dalam upacara adat Patang Balimau di Inderapura, Kecamatan Pancung Soal, Rabu (22/3). Upacara ini kegiatan rutinitas yang dilakukan Kampung Inderapura yang kini terbagi menjadi dua kecamatan, Kecamatan Pancung Soal dan Air Pura.Hal ini dilaksankan dalam rangka me nyambut bulan suci Ramadhan 1444 H,

Acara ini dimulai Masjid Agung Inderapura menuju Lapangan Muaro Sakai .Pejabat pimpinan tertinggi Kesultanan Inderapura dalam acara ini dipayungi dengan payung kuning yang mana salah satu benda milik bersejarah Kesultanan inderapura.Wabup Pesisir Selatan,Rudi Hariyansyah dalam sambutannya menyampaikan prosesi Patang Balimau sudah seharus nya menjadi warisan budaya masyarakat semua, 

"Semoga kedepannya kegiatan upacara Patang Balimau ini semakin lebih baik lagi dan  memiliki makna nilai budaya yang ada di kabupaten Pesisir Selatan. Kegiatan upacara Adat Patang Balimau menjalankan  Fungsi penyambung dan pengikat tali persaudaraan dan saling memaafkan sesama saudara dan ini juga menjadi ajang menjalin silaturahmi antara pimpinan/pemuka masyarakat atau pemerintahan yang ada di Inderapura," katanya.

Pada acara ini hadir para ketua KAN), Ninik Mamak Penghulu Suku Nan 20, Anggota DPRD Provinsi Sumbar, Bakri Bakar, S.H, Anggota DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Dapil V, Armadi, S.E, Ronaldo, A.Md, Camat Pancung Soal, Aflizen, S.Sos, Camat Air Pura, Forkopimca, walinagari, alim ulama, bundo kanduang, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan undangan lainnya.

"Kami keluarga besar Rudi Hariyansyah mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H. Mohon maaf lahir dan batin, serta tingkatkan Ibadah kita selama bulan suci Ramadhan ini, sehingga kita akan masuk surga kelak," harap Rudi Hariyansyah.( Kmf/ RK)

Post a Comment

Previous Post Next Post