Kelompok Tani Sri Jadi Lakukan Pemanen Padi Ditengah Terik Matahari Dan Pada Suasana Puasa.

Realitakini.com- Mentawai 
Kelompok tani Sri Jadi di Deaa Sidomakmur, Kecamatan Sipora Utara, melakukan panen padi pada suasana puasa ramadhan, Senin (27/03/23). Kelompok tani Sri Jadi adalah kelompok tani yang berada di desa Sidomakmur kecamatan Sipora Utara kabupaten Kepulauan Mentawai, dengan anggata 10 orang Varietas yang ditanam yaitu padi. seluas 10 hektare.
 
Panen kali ini, petani menghasil 4.3 ton per hektar. Sebagian dari hasil panen ada yang dikonsumsi sendiri dan ada yang diperjual belikan. Mereka menjual dengan harga Rp.15.000/kg. Petani Sri Jadi melakukan pemanenan 3 kali dalam setahun.

“Kita menjual dalam bentuk beras, dan harganya masih menyamai harga beras yang didatangkan dari luar,” ujar Marno, petani padi anggota kelompok Sri Jadi. 

Pupuk yang digunakan oleh petani Sri jadi yaitu pupuk subsidi. Adanya pengadaan pupuk subsidi sangat membantu para petani dalam mengurangi pengeluaran. Akan tetapi petani masih mengeluhkan tentang keberada an hama yaitu banyak nya keong. Belum ada solusi untuk mengatasi hama ini. 

Pemanen padi dilakukan ditengah terik matahari dan pada suasana puasa. Para petani mengejar kan panen agar padi tidak jatuh ke tanah. 

“Bagaimana lagi, harus dikejar kan, kalau kita tidak kerja, kita tidak makan,” ucap Saminem. ( Ajs ) 

Post a Comment

Previous Post Next Post