Bupati Minta HUT Pesisir selatan Ke 74 Sebagai Momentum Akselarasi Dan Konsolidasi

Realitakini.com-Pesisirselatan
Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat Rusma Yul Anwar menyampaikan peringatan hari jadi momentum akselerasi dan konsolidasi guna mewujudkan cita-cita pembangunan.Menurut bupati berbagai ketertinggalan pembangunan daerah akibat faktor eksternal mesti dikejar, sehingga Pesisir Selatan bisa sejajar dengan daerah lain di Ranah Minang yang lebih dulu maju.

"Ayo kita wujudkan Pasisia Rancak secara bersama," ujar bupati dalam sambutannya saat Paripurna Peringatan hari jadi Pesisir Selatan ke-74 di Painan.14 April 2022

Paripurna dihadiri Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Wakil Bupati (Wabup) Rudi Hariyansyah, Ketua DPRD Ermizen, Wakil Ketua April Habbas Buya Piyai, Wakil Ketua Hakimin dan Wakil Ketua Jamalus Yatim.Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi, Walikota Pariaman Genius Umar, Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Sekretaris Daerah (Tanah Datar) Iqbal Rama Dipayana dan Forkompimda Pesisir Selatan.

Ketua TP PKK Titi Rusma Yul Anwar, Wakil Ketua TP PKK Ika Rudi Hariyansyah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Kepala Bagian, camat dan di lingkup Pemerintahan Kabupaten Pesisir Selatan.Bupati melanjutkan pemerintah kabupaten mengakui pandemi COVID-19 memang sedikit berdampak terhadap kelancaran pembangunan, seiring keterbatasan keuangan daerah.Meski begitu pembangunan harus tetap berlanjut. Pemerintah kabupaten kata bupati terus membangun komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pusat terkait pembangunan.

Pandemi COVID-19 bukan berarti harus menghentikan kegiatan pembangunan, namun menjadi motivasi dan tantangan tersendiri bagi pemerintah kabupaten dalam mengejar ketertinggalan."Buktinya ekonomi daerah mampu tumbuh positif, dari -1,11 persen pada 2020 menjadi 3,78 persen di 2021. Pend apatan Asli Daerah (PAD) pun melebihi target yang ditetapkan," terang bupati.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026 pemerintah kabupaten menjadikan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai arus utama pembangunan.Upaya itu diwujudkan melalui program pendidikan gratis untuk jenjang pendidikan yang menjadi kewenangan daerah. Selain itu melalui program kesehatan gratis yang diprioritaskan bagi keluarga kurang mampu.

Saat ini pemerintah kabupaten sedang mendata penduduk miskin yang belum memiliki layanan jaminan pengobatan, agar generasi penerus daerah tumbuh cerdas dan sehat."Nah, dari situlah nanti lahir generasi muda daerah yang berdaya saing, tak hanya skala nasional, tapi juga internasional," tutur bupati.

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur (Wagub) Audy Joinaldi mengapresiasi kinerja Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan yang tetap optimis menatap masa depan di tengah pandemi COVID-19. Wagub menyampaikan pemerintah provinsi senantiasa berdampingan dengan daerah demi mewujudkan visi-misinya, apalagi saat ini provinsi fokus pada pengembangan sektor pertanian dan peternakan. Program tersebut merupakan peluang bagi Pesisir Selatan, mengingat luasnya areal pertanian dan potensi peternakan yang besar, bahkan untuk peternakan menjadikan sapi pesisir sebagai komoditi utama.

"Selain yang telah dialokasikan dalam APBD Provinsi, pemerintah kabupaten masih bisa mengajukan porsi lebih. Kami tinggal menunggu kesiapan daerah," sebut Wagub.Karena itu Wagub mengajak pemerintah kabupaten/kota di Ranah Minang agar tetap optimis dalam pelaksanaan pembangunan. Tetap berkreasi, berdedikasi untuk meraih prestasi.Wagub optimis di bawah kepemimpinan Bupati Rusma Yul Anwar dan Wakil Bupati Rudi Hariyansyah Pesisir Selatan mampu menjadi lebih baik untuk masa datang.

"Saya kenal betul beliau berdua. Selamat hari jadi Pesisir Selatan semoga menjadi lebih baik. Mari bersama kita bangkit hadapi tantangan yang ada dan tetap produktif," tutup Wagub(Kmf/RK).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels