Kunjungi Mesjid Payo, TSR Kota Solok Edukasi Masyarakat Tingkatkan Ekonomi Melalui Tani

Realitakini.com- Kota solok 
Tim Safari Ramadhan (TSR) Kota Solok yang dipimpin (Koordinator) oleh Asisten Bidang Pemerintah an dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Nova Elfino mengunjungi Mesjid Nurul Ulya Payo Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah Kota Solok, Selasa malam (5/4/202).

Ramadhan 1443 H ini, TSR Kota Solok sebanyak 63 tim yang mengunjungi mesjid-mesjid di Kota Solok guna menyampaikan informasi sekaitan yang telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Solok, dalam upaya memajukan kota dan mensejahterakan masyarakat.

Selain itu, dalam kunjungan ke mesjid TSR Kota Solok juga menggelar diskusi dengan masyarakat sebagai bentuk upaya dalam menampung aspirasi, sekaligus membantu mencari solusi permasalahan-permasalahan di tengah masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, selain kegiatan keagamaan Ketua TSR XV Kota Solok Nova Elfino juga mengedukasi masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi melalui pertanian, karena masyarakat Payo Kelurahan Tanah Garam tersebut didominasi oleh masyarakat tani.

"Alhamdulillah, selama 20 tahun saya bertani di Solok belum ada mengalami kerugian. Seperti tanaman cabe setelah habis masa panen itu bisa ditanami mentimun," ungkap Nova Elfino.Kemudian, lanjutnya, kita juga bisa menanam jagung. Setelah 75 hari, batang jagung tersebut jangan ditebang namun batang jagung tersebut kita manfaatkan untuk "junjuangan" tanaman buncis. Setelah panen buncis itu bisa dilanjutkan dengan tanaman terong.

"Dengan hanya satu kali pengolahan tanah kita bisa menanam cabe, mentimun, jagung, buncis dan terong. Hal itu sangat bermanfaat bagi masyarakat tani dimana biaya produksi rendah namun kita bisa berpenghasilan lebih," jelasnya.

Ia berharap, petani di Kota Solok khususnya di Payo tersebut bisa melakukan cara bertani seperti itu, dalam meningkatkan penghasilan dalam bertani. Menurutnya, sebagian besar masyarakat Kota Solok adalah berasal dari petani, dan mengapa harus meninggalkan tani jika itu bisa menjadi sumber ekonomi baginya.

"Saya mengajak bapak dan ibu dimana kita dalam situasi Covid-19, teruslah melakukan kegiatan pertanian sekaligus sebagai bentuk pencegahan terhadap Covid-19, karena dengan bertani imun tubuh akan kuat dan terhindar dari Covid-19," tuturnya.

Selain itu, Nova Elfino juga mengajak masyarakat Payo untuk meramaikan mesjid. Dimana menurut nya selain pusat kegiatan keagamaan, mesjid itu bisa menjadi pusat perekonomian, kesenian dan kegiat an kepemudaan dan yang lainnya."Itu sudah menjadi program Pemko Solok. Nantinya akan disebut mesjid paripurna, yang artinya mesjid tempat pusat kegiatan masyarakat," sebutnya.

Pengurus Mesjid Nurul Ulya Payo, Malinas mengucapkan terima kasih kepada TSR XV Kota Solok yang telah mengunjungi Mesjid Nurul Ulya Payo. Semoga informasi yang disampaikan TSR, dan aspirasi yang disampaikan masyarakat Payo bisa bermanfaat bagi kita semua.

Dalam kunjungan TSR XV Kota Solok ke Mesjid Nurul Ulya Payo, TSR juga memberikan bantuan sebanyak Rp3 juta secara simbolis yang diterima langsung oleh Pengurus Mesjid Nurul Ulya Payo Malinas.

TSR Kota Solok dibawah pimpinan Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra tersebut juga dihadiri oleh Kepala Bagian (Kabag) Kesra sekaligus sebagai Wakil Koordinator TSR Irsyad, Anggota DPRD Kota Solok Deni Nofri Pudung, Ketua DPC Muhammadiyah Darul Ilmi, Ketua STAI Solok Kardinal, Staf Bagian Kesra Armen Yulianda dan Syafridoerahman dari Media Realitakini.com. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels