Jalin Kebersamaan Melalui Buka Bersama, Ini Pesan Wabup Sijunjung

Realitakini.com-Sijunjung 
Wakil Bupati Sijunjung H. Iraddatillah, S.Pt mengadakan Buka Bersama pada hari Rabu (13/4/2022) di halaman kediaman dinasnya di Pulau Berambai,  Muaro Sijunjung Sumatera Barat. Hadir pada malam itu Camat Sijunjung Adri, S.Pt, Kabag Protokol, para Walinagari dan Kepala Jorong se-Kecamatan Sijunjung. Realitakini.com berkesempatan meliput agenda rutin tahunan ini.

Dalam sambutannya Wabup Sijunjung menyampaikan bahwa acara Buka Bersama diadakan di ke  diaman beliau, mengingat Bupati Sijunjung tengah melakukan Kunjungan Kerja ke Sukabumi, Jawa Barat. Dan telah jadi komitmen bersama, jika salah satunya sedang Dinas Luar maka yang lainnya akan meng'handle" urusan di dalam.

H. Iraddatillah juga menyampaikan beberapa program yang sedang berjalan."Kemarin telah diserahkan BPJS Ketenagakerjaan bagi guru TPQ, Gharin Mesjid dan Mushola serta Penyuluh agama. Gunanya untuk menyokong kesejahteraan guru-guru TPQ dan penyuluh agama non PNS. Kemudian ada pemberi an Beasiswa untuk siswa SMA/SMK yang diambil dari APBD sebesar Rp 600.000,-/tahun untuk masing -masing siswa. Rumah Sakit Pratama di Kamang Baru juga akan segera kita bangun. Dan yang paling penting mulai tahun ini Sijunjung akan segera memiliki kampus negeri yaitu dengan adanya kerjasama dengan UNP di komplek Stiper Muaro Sijunjung," terang beliau.

Wabup menghimbau kepada Walinagari Muaro dan masyarakat Sijunjung untuk bekerjasama agar Stiper ini berubah status menjadi UNP dengan lancar. Walaupun ada beberapa persoalan seputar pembebasan lahan tapi diharapkan segera selesai. Kepada Walinagari dan Kepala Jorong yang hadir Wabup menghimbau untuk bersama, satu langkah bergerak untuk membangun nagari.

Wabup juga berpesan agar perangkat Nagari ataupun Jorong berhati-hati dalam mengelola dana. "Sekarang Dana BOS dan Dana Desa sudah sering diperiksa oleh BPK. Makanya harus lebih teliti dan berhati-hati. Bagi perangkat pemerintahan kalau ada yang tidak diketahui, silahkan hubungi saya langsung atau melalui ajudan saya yaitu Azandi. Saya siap untuk berdiskusi kapanpun demi kemajuan Sijunjung yang kita cintai ini," pesan Iraddatillah.

"Apapun yang rentan dikritik oleh masyarakat seperti gizi buruk, disabilitas, yang sakit berat, gangguan mental, cacat dan lainnya jangan dipandang sebelah mata. Tolong diperhatikan sehingga tidak menjadi fitnah. Kepada Walinagari, Jorong, Tksk, BPN ayo lebih perhatikan lagi yang sakit menahun, segera laporkan agar bisa dicarikan solusi secepatnya," lanjut beliau.

Semangat kebersamaan juga dimunculkan oleh Camat Sijunjung yaitu Adri, S.Pt. Adri yang belum lama menjabat sebagai Camat di Kecamatan Sijunjung mengatakan, hal pertama yang dilakukannya adalah membangun kerjasama. 
"Jadi yang pertama sekali tentu menjalin koordinasi dan sinergi dengan Walinagari, BPN, Tokoh Adat, Ninik Mamak, Alim Ulama, Cadiak Pandai. Dan itu telah berhasil dilakukan walaupun bukan perkara yang mudah. Apalagi Kecamatan Sijunjung termasuk wilayah yang luas, terdiri dari 9 Nagari yaitu Muaro, Sijunjung, Pematang Panjang, Kandang Baru, Silokek, Durian Gadang, Aie Angek, Paru, Solok Ambah," pungkasnya. (Hasnawati)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels