Buka Rakor Kearsipan Wabup Richi Aprian Sampaikan Jangan Ada Lagi Ada Zona Merah


Realitakini.com Tanah Datar                              -Dalam rangka meningkat sadar tertib Arsip Wakil bupati Richi Aprian SH, MH secara resmi membuka Rapat Koordinasi  kearsipan  bagi perangkat daerah se-Kabupaten  Tanah Datar, Kamis (07/05/2022) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar Sumatra Barat.

Turut hadir Asisten pemerintahan dan kesra Elizar, Kadis Perpustakaan dan kearsipan Erizal Ramli, SH, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan kearsipan Drs Iskandar Sagita, MM, Kepala OPD, camat serta tamu undangan lainnya.

Dalam paparannya kepala dinas Perpustakaan dan kearsipan Erizal Ramli, SH berharap dengan adanya rapat koordinasi kearsipan, OPD bisa melakukan penataan dan pengelolaan arsip serta penyelamatan dan penyerahan arsip statis yang ada diperangkat masing-masing.

"Untuk pelayanan lebih baik kedepannya kita akan terapkan aplikasi online pengelolaan arsip melalui aplikasi  Sistim informasi kearsipan Dinamis dan Terintegrasi (Srikandi) yang merupahkan  kolaborasi antara Kemenpan RB Kemenkominfo, BSSN dan Arsip nasional

Wakil bupati Richi Aprian dalam sambutannya menyampaikan pengelolaan kearsipan sangat penting dalam pemerintahan  sebagai bahan pengambil keputusan  dan sebagai bukti yang otentik di mata hukum untuk itu sampai wabup tahun tidak ada lagi perangkat dan pengelolah kearsipan yang berada di zona merah.

"Kabupaten Tanah Datar berada pada peringkat 139 seluruh indonesia dalam pengelolaan kearsipan ditinggal oleh Padang panjang, dan diikuti Pariaman yang berada jauh di atas kita, masuk 100 besar saja kita sudah alhamdulilah," ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup menyampaikan tahun ini Dinas Kominfo dan dinas Kearsipan  dan Pemerintahan kecamatan sungai Tarab berada di Zona Hijau, 26 ada di zoma kuning dan 10 berada di zona merah, menurut wabup sebelumnya bupati Eka putra sudah menegur beberapa perangkat yang belum melaksanakan pengelolaan kearsipan dan jika masih ada juga perangkat yang masih zona merah bupati akan memberi teguran langsung.

"Untuk itu diharapkan motivator dari seluruh OPD sebagai penggerak untuk mendorong aparatur lain dalam meningkatkan pengelolaan kearsipan  sehingga mampu memberikan penyelenggaraan  pelayanan kearsipan berkualitas  di pemerintah kabupaten Tanah Datar," pungkas Richi Aprian, SH, MH. (M)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels