No title


Realitakini.com-Padang
BPSDM Kominfo Medan adakan  pelatihan Thematic Academy  digital  media Reporter di Basko hotel pada tanggal 2-4 Desember 2021  acara di buka oleh kepala BBSDMP Medan.  Dengan Nara sumber  kepala Kominfo Padang Dr .Rudi Rinaldi dan ketua PWi Sumbar H.Harianof Firdaus SH.  Harianof   memaparkan  tentang Kecepatan dalam penayangan berita di media massa Namun, akurasi adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan sehingga cepat saja tidak menjamin sebuah kebenaran informasi. Ujar H.hanaf panggilan agkrapnya

Lebih lanjut harinof mengatakan ,"Media saat ini saling berebut menayangkan suatu berita lebih dulu, sehingga kadang  kurang memperharima  akuasi ujarnya.

Dia menegaskan, untuk sebuah media massa arus utama, akurasi adalah elemen utama sebuah informasi. Bagaimanapun “kejar tayang” sebuah informasi, tanpa akurasi, akan sangat membahayakan karena bisa menjadi hoax.


“Informasi tanpa akurasi adalah hoax. Haram hukumnya wartawan membuat hoax,” tegasnya.

Heranof menambahkan, paradigma media massa dewasa ini sudah semakin bergeser dari media cetak ke media daring (online). Dalam kondisi itu, setiap media online dihadapkan kepada tantangan untuk berpacu dalam menyajikan informasi secepat mungkin.

Tantangan yang tidak kalah hebatnya adalah kemunculan media sosial dengan berbagai platform dan aplikasi. Mulai dari konten yang hanya memuat quote dan gambar atau poto, hingga platform berbasis tayangan video.

“Ini juga menjadi tantangan bagi media massa terutama media online dalam kecepatan penyampaian informasi. Namun, di sini akan terlihat kredibilitas sebuah media, kecepatan dengan akurasi,” sebutnya.

perbedaan informasi dari media arus utama dengan media sosial yang harus selalu “dipatuhi” adalah akurasi. Sebagai pembuktian kredibilitas, media harus menayangkan informasi yang akurat, tidak sekedar cepat.Jadi, kata Heranof, 

Kegiatan itu diawali dengan pertemuan dalam jaringan selama tiga hari pekan lalu, pesertanya adalah sekitar 60 orang wartawan di Sumatera Barat.

Kepala BBPSDMP Medan Irbar Samekto dalam.sambutanya menyebutkan, tujuan dari kegiatan itu adalah untuk meningkat kan literasi serta memahami adaptasi digitalisasi informasi. Diharapkan dengan kegiatan tersebut semakin meningkatkan kemampuan wartawan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi. (Wati)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels