Kube Onou Manih Jadi Mitra LPPM Universitas Andalas

foto bersama pembinaan Kube Onau Manih
Realitakini.com Lima Puluh Kota 
Kegiatan pengabdian oleh Tim Pengabdi dari Universitas Andalas yang diketuai oleh Dr.Verinita melakukan kegiatan pembinaan dan pendampingan kepada Kube Onau Manih yang memproduksi gula aren dan gula semut yang menjadi mitra binaan Universitas Andalas. Tim pengabdi ini beranggotakan Yossyafra,P.hD, Dr. Fery Andrianus dan Dr.Fuji Astuti Febria 

Keempat  dosen ini  berasal dari  Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik  dan Fakultas FMIPA  di Universitas Andalas. Kube  Onau Manih diketuai oleh Nasrizal putra  asli Nagari Sikabu kabu Tanjung Haru Padang Panjang (Sitapa) Kecamatan Luak, kabupaten Lima Puluh kota . Kube Onau Manih  memiliki  22 orang anggota. Kecamatan Luak  termasuk daerah penghasil air nira setelah kecamatan Lareh Sago Halaban. 

Nagari Sitapa dikenal sebagai nagari wisata dan pengembangan produksi  gula  semut ini akan menjadi oleh oleh khas nagari Sitapa yang akan disajikan dalam bentuk paket wisata Diharapkan gula semut akan menjadi oleh-oleh dan menjadi brand identity nagari Sitapa.

Menurut Ketua Tim Pengabdi Dr.Verinita, permasalahan yang dihadapi oleh  Kube  Onau Manih  adalah belum memiliki  merek  dan kemasan yang representative, belum memiliki NIB, P-IRT,  manajemen usaha yang belum dikelola secara profesional.

"Upaya pembinaan dan pendampingan dilakukan oleh tim pengabdi untuk  membantu  mendesain  merek , mendesain  kemasan yang representative dan higenis,  dan  pengurusan untuk  mendapatkan  NIB, ijin P-IRT yang akan difasilitasi oleh LPPM Unand , serta  meningkatkan kualitas  gula semut sehingga kube Onau Manih  dapat menentukan harga jual dengan pantas,"

Diharapkan kegiatan ini akan mampu  meningkatkan kualitas produk gula aren dan gula semut  yang dihasilkan, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan  melalui penetapan harga yang  layak  dan kompetitif, meningkatkan kemampuan anggota kube Onau Manih  menjadi pengelola usaha yang profesional dan handal, Membangun merek yang kuat melalui pengemasan dan penetapan merek  yang tepat sehingga memiliki brand identity yang kuat.

Kegiatan ini didanai oleh Universitas Andalas melalui  kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan  skim Program Kemitraan Masyarakat - Membantu Usaha Berkembang (PKM-MUB) LPPM Unand.
Sementara itu, Nasrizal  selaku ketua kube  Onau Manih mengatakan  sangat berterimakasih atas disertakan dalam kegiatan.

"Dengan adanya program pembinaan dan pendampingan bagi usaha yang baru berkembang,  akan menambah pengetahuan dan ketrampilan dalam mengelola kube ini melalui pembinaan dan pendampingan pengelolaan manajemen usaha secara umum, mendesain  merek dan menciptakan kemasan gula semut yang menarik, representatif dan higenis. Ketua kelompok ini berharap kegiatan pembinaan dan pendampingan ini berlanjut untuk 3 tahun ke depan," tutup Nasrizal. (Penulis. Dr. Verinita)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels