Berprestasi di Tingkat Kota Solok, Kelurahan Tanjung Paku Didatangi Tim Penilai Provinsi Sumbar

Realitakini.com-Solok  Kota  
Selamat datang kepada Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2021 di Kota Solok. Semoga kehadiran tim penilai dalam menjalankan tugas penilaian lomba kelurahan, dicatat sebagai bagian dari amaliah ibadah kehadirat Illahi robbi.

Hal itu dikatakan oleh Asisten II Sekretariat Daerah Kota Setdako (Solok) Bidang Perekonomian dan Pembangunan Jefrizal, mewakili Walikota Solok pada saat menyampaikan kata sambutan di acara Penilaian Lomba Kelurahan, di Kantor Lurah Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok, Rabu (17/6/2021).

Lebih lanjut Jefrizal mengatakan, tentunya kehadiran tim penilai sangat memberikan makna khususnya terkait dengan upaya kita bersama, dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembangunan di tingkat kelurahan, yang diarahkan pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat baik dibidang pemerintahan, ekonomi, sosial, kesehatan dan pendidikan. 

"Pemerintah Kota (Pemko) Solok sangat mendukung program dan kegiatan penilaian lomba kelurahan, yang pada hakikatnya untuk menguatkan kerukunan masyarakat melalui partisipasi, kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan kelurahan yang ditandai dengan kualitas kehidupan dan kesejahteraan masyarakat dibidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik, serta terpeliharanya lingkung an hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan," kata Jefrizal. 

Keberhasilan yang diraih Kelurahan Tanjung Paku dalam penilaian Lomba Kelurahan Berprestasi tingkat Kota Solok, lanjutnya, merupakan wujud keberhasilan pemerintahan kelurahan beserta masyarakat, dalam meningkatkan seluruh aspek kehidupan bermasyarakat dan pembangunan kelurahan, sarana dan prasarana baik sarana di kelurahan, pendidikan dan kesehatan, serta peningkatan kualitas ekonomi di kelurahan. 

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar Azwar, dalam kata sambutannya menyebutkan bahwa dasar pelaksanaan Lomba Kelurahan dan Desa/Nagari Ber prestasi, adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 81 Tahun 2014 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.
 
"Biasanya lomba ini diadakan setiap tahun, namun pada tahun kemaren Virus Corona baru merebak, maka lomba ini ditiadakan dan dilaksanakan pada tahun 2021," jelas Azwar.

Alhamdulillah, imbuhnya, untuk 2021 Kota Solok ikut serta. Kami memberikan mengapresiasi khusus, karena selama ini dalam 5 tahun terakhir setahu kami Kota Solok tidak pernah ikut dalam Lomba Kelurahan Berprestasi tingkat provinsi ini. Mudah Kelurahan Tanjung Paku Kota Solok bisa bersaing ditingkat provinsi.

Lurah Tanjung Paku Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok Yenna Muriati, usai acara tersebut pada Realitakini.com mengatakan Kelurahan Tanjung Paku ditunjuk menjadi pemenang kelurahan ber prestasi untuk tingkat Kota Solok, dan diutus menjadi perwakilan Kota Solok untuk tingkat provinsi.

"Kemaren itu ada 6 kelurahan yang dinilai di tingkat kota, setelah melewati penilaian di tingkat kecamatan yang pesertanya 13 kelurahan, dan alhamdulillah kita menang untuk tingkat Kota Solok," ungkap Yenna Muriati. 

Yenna Muriati juga menjelaskan bahwa dalam Lomba Kelurahan Berprestasi Tingkat Kota Solok itu yang dinilai pertama inovasi kelurahan, kedua potensi-potensi yang dikembangkan di kelurahan yang berkaitan dengan UMKM.

"Selain itu, ada 8 indikator penilaian diantaranya pendidikan, kesehatan, partisipasi masyarakat, ke sejahteraan, kelembagaan masyarakat, ketertiban, PKK, Bundo Kanduang dan Adat," pungkasnya.

Sebelumnya rombongan Tim Penilai Provinsi yang berjumlah 14 orang tersebut, disambut baik dengan menghadirkan grup qasidah, silat,   dan "Ma makan siriah" oleh aparatur kelurahan setempat. (Syafri)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels