Pengurus MUI Kabupaten Tanah Datar Resmi Dikukuhkan

Realitakini.com -Tanah Datar                              -
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat Buya Gusrizal Gazahar Lc., M.Ag mengukuhkan Pengurus MUI Tanah Datar khidmat 2020 - 2025, Rabu (15/06/2021) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar Sumatra Barat.

Hadir dalam pengukuhan itu Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Suhermen, Ketua LKAM Tanah Datar, Kepala OPD dan Camat  serta tamu undangan.

Dalam kesempatan itu disampaikan pengukuhan dilaksanakan berdasarkan surat keputusan MUI Sumatera Barat Nomor Kep.03/MUI-SB/IV/2021 tertanggal 9 April 2021. Dengan Dewan Pertimbangan diketuai oleh H. Syukri Iska S.Ag.

Adapun pengurus MUI Tanah Datar yang dikukuhkan Ketua Umum MUI Tanah Datar  Drs H. Masnefi, MS, dibantu lima Ketua Bidang yaitu H. Yendri Junaidi Lc., MA (Fatwa dan Hukum), Drs Kamaruzzaman, MA (Ukhuwah), Dr. H. Kamaluddin, MA (Pendidikan dan Dakwah), Dr. Eficandra, M.Ag (Ekonomi Islam) dan Dr. Hj Sri Yunarti, M.Ag (Pemberdayaan Perempuan, Remaja dan Keluarga).

Sekretaris Umum H. Afrizon, S.Ag, sekretaris Muhammad Yasin dan Taufik Rahman M.A. Bendahara umum Zarratul Khairi, SE., MT, bendahara Elfina Yenti, SE, Akt., MSi dan Dr. Irma Suryani, MH.

Setelah prosesi pengukuhan, dalam pidato pertamanya Ketua MUI Tanah Datar Drs H. Masnefi menyampaikan dengan  dilaksanakan pengukuhan Dewan Pimpinan MUI Tanah Datar khidmat 2020-2025 setelah sebelumnya 4 April 2021 telah dilaksanakan Musda.

"Hari ini kita melaksanakan pengukuhan pengurus MUI Tanah Datar. Posisi pengurus diisi dari akademisi, kita harapkan bekerja untuk memecahkah persoalan keummatan dan semenjak SK datang, kami sudah melaksanakan tugas MUI yang harus diselesaikan," kata Masnefi

Masnefi juga menyampaikan bahwa MUI bertugas membimbing untuk mewujudkan kairoh ummah, sebagai wadah komunikasi antar umat beragama dan MUI adalah lembaga pemberi fatwa kepada ummat dan pemerintah.

"Dengan telah dikukuhkan maka pada hari ini kita juga akan mengadakan raker untuk memantapkan rancangan dari komisi-komisi. Kami menghimbau mubaligh dan dai mari kita kembali ke ummah. kembali ke surau merupakan program yang utama." ujarnya.

Sementara itu dalam sambutannya Ketua MUI Sumatera Barat Buya Gusrizal Gazahar Lc., M.Ag menyampaikan MUI berhimpun didalam ormas ormas Islam dan para pakar dari berbagai bidang keilmuan. berusaha merumuskan masalah masalah keummatan yang telah luas cakupannya. 

"Semangat menggali mengkaji dan menganalisa kondisi dan persoalan ummat harus tetap hidup dalam diri seorang ulama
Kita berhimpun dalam kepengurusan ringan sama dijinjing ringan sama dipikul. Itu yang harus kita tanamkan dalam diri kita sebagai pengurus. Dalam menyikapi persolan umat, MUI Sumatera Barat berdiri tegak dalam posisi amar maru nahi munkar," sampainya.

Buya juga mengapresiasi pemerintah provinsi sumatera Barat dalam menyikapi persoalan shalat Idul Fitri ditengah pandemi covid-19.

"Sumatera Barat satu-satunya provinsi yang mengizinkan shalat Idul Fitri dimesjid. Saya mengucapkan jazakummulah." ucap buya.
Buya Guzrizal juga mengajak memikirkan tentang persolan belajar daring, menjamurnya kafe kafe yang isinya anak anak umur sekolah disaat jam belajar daring. Persoalan yang lain adalah kemampuan guru yang lemah dalam mnggunakan teknologi dibandingkan kemampuan siswa. Dan ini akan memberikan dampak yang tidak baik," tuturnya.

Bupati Tanah Datar dalam sambutannya yang disampaikan Asisten 1 Suhermen,"Pemerintah Daerah kabupaten Tanah Datar Mengucapkan selamat kepada Dewan pimpinan Majelis Ulama (MUI) Tanah Datar periode 2020-2020 sekaligus apresiasi untuk itu kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih dan selamat bekerja," tutur Suhermen

Ia juga menambahkan, "Beberapa waktu yang lalu kita kedatangan Forum komunikasi kerukunan umat beragama (FKUB) Pusat. Pemerintah provinsi juga telah minta pemkab Tanah Datar agar membentuk FKUB Tanah Datar, kita akan programkan dan sampaikan didalam raker," jelas Suhermen (M)
 
 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels