Dinas Kominfo Toraja Utara, Melaksanakan Pelatihan SKKNI Tahun 2021

 

RealitaKini.Com-Toraja Utara,
Peran pemuda dalam menghadapi revolusi industri di era globalisasi dan digitalisasi sangat di butuhkan. Untuk itu, demi menciptakan generasi muda yang berkompeten, Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar dan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara melalui Dinas Kominfo bidang Informatika, melaksanakan Pelatihan Vocational School Graduate Academy dan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), Selasa (08/06/2021).

Kegiatan yang berlangsung mulai tanggal 8 - 12 Juni 2021 ini, berlokasi di Misilliana dan di buka langsung oleh Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE. M.Si, dan di hadiri juga oleh kepala dinas Kominfo Toraja Utara Yakub Pongsendana, sekretaris dinas Kominfo Toraja Utara Anugrah Y R bersama staf, perwakilan dari BBPSDMP Kominfo Makassar, serta peserta pelatihan.

Saat membuka kegiatan pelatihan, Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang, SE. M.Si men myampaikan, "Kita semua harusnya bersyukur dan berterima kasih karena bisa hadir di tempat ini. Bukan hanya sekedar hadir saja, tetapi di saat kita ada di tempat ini,kita juga bisa sekaligus untuk belajar dan mendapatkan ilmu. Ilmu yang di akan di pelajari di sini sangat berguna bagi kita. Karena untuk menjadi sukses itu membutuhkan ilmu. 

Dalam bersaing di dunia kerja, anda harus memiliki ketrampilan, karena ada persaingan yang harus di hadapi untuk menjadi sukses. Anda bisa unggul saat memiliki kemampuan dan ketrampilan. Perhatikan ilmu yang di dapat di tempat ini, karena itu akan menambahwawas an kita, dan implementasikanlah ilmu yang kita dapat ini dalam hidup sehari-hari. Kita harus siapkan diri kita dan jaga diri kita, karena hidup bisa berubah bila punya ketrampilan dan bisa kerja. Isi hidup ini dengan hal-hal positif yang bisa membuat hidupmu berubah menjadi lebih baik" Tutupnya.

Sementara dalam sambutan tertulis Kepala BBPSDMP Kominfo Makassar Djunaidy Aspan, S.Sos, M.A.P yang di bacakan oleh Drs. Darsa Jaya Hedar, M.AP, bahwa Fokus pembangunan terhadap pemuda harus di jadikan prioritas, misalnya dengan menekan angka pengangguran pemuda, dan menciptakan ide-ide kreatif demi menarik minat pemuda di berbagai inovasi.

Menurutnya, "Percepatan peningkatan kompetensi dan sertifikasi tenaga kerja bagi angkatan kerja muda, merupakan salah satu upaya yang di lakukan pemerintah dalam rangka mengakselerasi atau mempercepat pengembangan SDM berbasis kompetensi. Upaya akselerasi tersebut di lakukan untuk melaksanakan salah satu program Nawacita Pemerintah periode 2019-2024, yaitu peningkatan daya saing tenaga kerja, di bidang komunikasi dan informatika yang di laksanakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika "

Lebih lanjut," Kegiatan ini di ikuti oleh enam puluh peserta angkatan kerja muda bidang TIK dengan tujuan untuk mempersiapkan daya saing bangsa dan melindungi tenaga kerja berbasis jasa dalam rangka menghadapi arus perdagangan jasa bebas, revolusi industri, globalisasi dan digitalisasi, agar bisa bersaing baik industri dalam maupun luar negeri.Tuturnya (*BH)

Post a Comment

Previous Post Next Post