Wabup Kabupaten Pasaman : Penyaluran Zakat Baznas Lebih Diarahkan ke Zakat Produktif

Realitakini.com -- Pasaman 
Badan Amil Zakat Baznas Kabupaten Pasaman menyerahkan bantuan zakat sejumlah Rp 346, 100 juta kepada para mustahik di kecamatan Lubuk Sikaping Pendistribusi zakat dilaksanakan  dengan menerapkan protokol Kesehatan bertempat di Masjid Raya Pauh Nagari Durian Tinggi Kecamatan Lubuk Sikaping, Kamis (4/3/2021)

 ,Nampak hadir Wakil Bupati Pasaman, Sabar AS, S.Ag, M.Si, Ketua Baznas Habibullah, S.Ag,MH, beserta pengurus dan jajarannya, Camat Lubuksikaping, Nina Darmayanti, Walinagari serta para mustahik. 

Ketua Baznas Kabupaten Pasaman, Habibullah mengatakan, sebanyak 367 warga setempat terdaftar sebagai penerima zakat pada periode ini. Para penerima zakat meliputi KK Miskin, pelaku usaha, pelajar dan jompo. 

"Total dana zakat yang disalurkan ber jumlah Rp346,100 juta, terdiri atas beasiswa Rp13,5 juta untuk 25 orang,  keluarga kurang mampu (KKM) Rp7,2 juta untuk 18 orang dan jompo Rp4,8 juta untuk 16 orang dan bantuan modal usaha Rp 320,600 juta untuk 308 orang," katanya.

Ia menambahkan, pada tahun 2021, pihak nya menurunkan target pengumpulan zakat yakni sebanyak Rp6,3 miliar. Dari target itu sudah terkumpul sebanyak Rp1,3 miliar hingga periode Maret.

Sementara itu Wabup Kabupaten Pasaman Sabar AS  mengatakan  penyaluran zakat Baznas lebih diarahkan ke zakat Produktif, sehingga mampu menggerakkan dan mengangkat pereknomian masyarakat secara nyata. Sabar AS juga meminta Kepada Mustahiq , agar zakat yang diterima digunakan sebaik-baiknya untuk yang halal dan berkah, jangan disalah gunakan, diluar kebutuhan. 

"Manfaatkan sesuai peruntukan. Beasiswa, gunakan untuk pendidikan, modal usaha, manfaatkan untuk usaha dan lainnya," tutup Wabup.(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels