UPT BLK DPMPTSP- Naker Agam Gelar Pelatihan


Realitakini.com- Agam

UPT Balai Latihan Kerja (BLK) DPMPTSP-Naker Kabupaten Agam, gelar pelatihan berbasis kompetensi di Nagari Bukik Batabuah, Kecamatan Canduang, Jum’at (12/3).

Kepala UPT BLK Agam, Aris Priadi mengatakan, pelatihan digelar dengan sub kejuruan menjahit pakaian sesuai style, yang diikuti 16 orang peserta tersebar di Nagari Bukik Batabuah dan Lasi.

“Pelatihan sudah dimulai sejak, Rabu (10/3) di ruang serbaguna Nagari Bukik Batabuah. Kegiatan ini akan berlangsung selama 30 hari,” ujarnya.

Dikatakannya, pelatihan ini merupakan tindak lanjut usulan dari Pemerintah Nagari Bukik Batabuah dan Lasi pada Musrenbang 2020, yang dianggarkan melalui APBD 2021.

“Seperti biasanya, bagi peserta yang kompeten diberikan sertifikat dan dapat dijadikan sebagai salah satu persyaratan untuk mencari pekerjaan,” sebutnya.

Selain di Bukik Batabuah, pelatihan untuk beberapa sub kejuruan masih berlangsung di BLK dan Lapas Klas II B Lubuk Basung.

Sub kejuruan yang digelar seperti service sepeda motor konvensional, practical office advance, asisten pembuatan pakaian, plat welder pengelasan 2F serta pembuatan kue dan roti.

“Pelatihan ini adalah komitmen DPMPTSP-Naker untuk membekali pencari kerja dengan keahlian, supaya ke depan mereka mudah mencari kerja atau membuka usaha sendiri,” kata Aris.

Dengan begitu, ulasnya, tentu ke depan dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Agam, sehingga juga berdampak kepada penurunan angka kemiskinan di daerah itu.( Aldi).

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels