Sejarah TMMD, dari ABRI Masuk Desa dan TNI Manunggal Membangun Desa


 

Kabupaten Semarang-Sejak awal bermula, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) turut serta aktif membantu pembangunan. Tepatnya pada tahun 1980, dikenal giat ABRI Masuk Desa (AMD).

Baru pada era reformasi, namanya berubah menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang saat ini sedang dilaksanakan.

“Dulu awal pertama dilaksanakannya pada tahun 1980 dengan namanya ABRI Masuk Desa (AMD). Kemudian setelah reformasi diganti dengan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Dan seperti TMMD Kodim 0714/Salatiga ini, salah satu tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarajat melalui pembangunan infrastruktur yang dilakukan Satgas TMMD,” jelas Dandim 0714/Salatiga  Letkol Inf Loka Jaya Sembada S.I.P, (11-03-2021)

Program TMMD membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan akselerasi proses pembangunan yang merata untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. “Khususnya masyarakat daerah terpencil, pelosok maupun tertinggal,” kata Dandim.

Dan program TMMD merupakan komitmen TNI untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta mempunyai misi yang mulia.

“Yakni mempertahankan semangat kekeluargaan dan budaya gotong royong yang menjadi rohnya NKRI,” tutur Loka,

TMMD ke-110 Kodim 0714/Salatiga memprioritaskan pembangunan jalan penghubung antara kedua Desa di sambut hangat oleh kalangan masyarakat setempat.(Pendim 0714)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels