RSUD Lubuk Sikaping memperingati Hari Ginjal Sedunia,


Realitakini.com --- Pasaman 
Instalasi Hemodialisa RSUD Lubuk Sikaping memperingati Hari Ginjal Sedunia dengan tema" Hidup Berkualitas Dengan Penyakit Ginjal" di RSUD Lubuk Sikaping, Rabu (10/3/2021).

dr Festy SpPD Kepala instakasi unit Hemodialisa RSUD Lubuk Sikaping mengata kan pada Realitakini.com saat diwawancara, melalui peringatan hari ginjal sedunia di harapkan meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap penyakit ginjal. Mari sayangi ginjal kita dengan minum cukup, stop merokok,olahraga terarur dan kontrol tekanan darah serta kadar gula.

"Gejala sakit ginjal menandakan adanya gangguan pada kinerja ginjal, gejala sakit ginjal  perlu diwaspadai sedini mungkin," ujar dr Festy.

Sementara itu Direktur RSUD Lubuk Sikaping dr Yong Murzahili mengatakan, kegiatan Hari Ginjal Sedunia  ini dilakukan demi meningkatkan kesadaran pentingnya ginjal bagi kesehatan untuk siapa saja dan dimana saja.

Selanjutnya dr Yong menambahkan Dengan adanya unit hemodialisa ini paling tidak dapat mengurangi beban biaya pasien. Mereka selama ini berobat ke rumah sakit di Bukittinggi dan Padang untuk pelayanan cuci darah, tentunya membutuhkan biaya yang lebih banyak.

Untuk menunjang pelayanan tersebut, RSUD Lubuk Sikaping telah menyediakan 7 mesin Hemodialisa biasa dan  1unit mesin Hemodialisa untuk  pasien Covid 19 dari seluruh mesin  akan dioperasikan setiap harinya untuk melayani kebutuhan cuci darah pasien, ungkap dr Yong

Diakhir wawancara dr Yong mengatakan jumlah pasien di unit hemodialisis ( HD ) sekarang 25 orang dan tenaga teknis 1 orang dokter spesialis, 1 orang dokter umum serta 8 orang perawat. (Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels