Puluhan Hektare Sawah Di Kenagarian Sundata Gagal Panen Akibat Banjir

Realitakini.com --- Pasaman 
Puluhan hektare padi sawah siap panen Kenagarian Sundata Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman rusak akibat tingginya curah hujan yang turun selama beberapa hari ini.

Pantauan Realitakini.com  di lokasi banjir yaitu Nagari Sundata  Kecamatan Lubuk Sikaping, padi yang sudah menguning dan menunggu panen itu kini rebah, mengakibat batang padi yang sudah tua tersebut di timbun lumpur

"Luapan batang Sumpu tersebut mengakibat sawah masyarakat di 4 (empat) Kejorongan tersebut rebah tertimbun lumpur mengakibatkan gagal panen,"ujar Rio Endria Wali Nagari Sundata saat diwawancara, Senin (29/3/2021)

Rio juga menambahkan selain areal sawah banjir tersebut merusak bendungan dan irigasi di Jorong Mapun dan Kejorongan 2 ( dua) Sungai Pandahan.

Diakhir wawancara Rio Endria juga mengatakan sampai saat ini pihak Nagari dan Instasi terkait masih mendata kerugian.

Sementara itu Nurhasanah (40) warga Mapun menyampaikan, sawah kami yang rencana besok akan di panen akibat banjir tersebut seluruhnya gagal di panen karena timbun lumpur.

Nurhasanah juga mengatakan kami hanya  berharap dari hasil sawah yang siap panen  tersebut yang akan menopang ekonomi kami. Harapan kami ada bantuan pada masyarakat yang kena musibah tersebut dari pihak yang terkait.(Nurman)


Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels