Pesan Leluhur, Budayakan Gotong Royong dalam Segala Hal



Realitakini.com Kapuas -  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke- 110 Kodim 1011/ KLK Kapuas dalam pelaksanaan program saat ini telah melaksanakan pengerjaan Rabat jalan Usaha Tani di Desa Saka Lagun Kecamatan Pulau Petak, Kabupaten Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah. Pengerjaan tersebut dilaksanakan dalam suasana suka dari seluruh satgas dan warga masyarakat. 


Mereka terpacu untuk segera mewuzudkan alan yang selama ini telah dinantikan oleh Petani pada khususnya dan warga Desa Sala Lagun pada umumnya.


Dan SSK, Kapten Inf. Handoyo Kamis (4/3/21) mengatakan, “Kita harus terus memacu warga dan satgas untuk menyelesaikan pekerjaan rabat jalan Usaha Tani.Karena waktu pelaksanaan hanya 40 Hari, tentu pekerjaan harus dapat diselesaikan sesuai dengan target yng telah ditentukan. Untuk itu kita terus mengontrol serta memberikan semangat dan motivasi untuk anggota.”


Selain itu tambahnya, juga harus mampu untuk selalu memberikan semangat kepada anggota dan warga agar terus bersemangat dalam bergotong royong untuk menjalin hubungan erat dengan warga serta agar pekerjaan juga terlaksana dengan baik, sekaligus selesai sesuai harapan dengan hasil yang maksimal.


Sementara itu, Kepala Desa Saka Lagun Zulkifli mengatakan,” Untuk perabatan jalan usaha tani ini memakan waktu yang lumayan lama karena jalan yang dirabat selain menambah kelebarannya, sekaligus melakukan pemerataan terlebih dahulu dengan menggunakan dasar pasir. Sehingga perlu kerja gotong royong antara satgas dan warga agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan lebih cepat. Dalam pekerjaan ini harus ada tukang profesional agar semua pekerjaan dapat digarap dengan maksimal sesuai dengan harapan.”


Dalam gotong royong ini keharmonisan dan kebersamaan warga desa juga harus terus terjaga dengan baik sekaligus akan mampu untuk melestarikannya, sehingga masyarakat akan terus dapat menjaga budaya gotong royong dan kebersamaan secara arif untuk mempertahankan budaya gotong royong sesuai keinginanan para leluhur. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels