Jamban Bersih, Tubuhpun Ikut Bersih dan Sehat



Realitakini.com Kapuas –  Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 110 kodim 1011/KLK Kapuas telah melaksanakan kegiatanya dibeberapa lokasi di Desa Saka Lagun kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas. Program kegiatan untuk masyarakat yang ada diwilayah terpencil dan pelosok, desa tertinggal maupun yang ada diperbatasan. Program yang sudah terbukti akan keberhasilanya dalam ikut serta mensejahterakan masyarakat.


Salah satu yang hampir rampung dikerjakan adalah Jambanisasi yang semuanya hampir selesai 100 Persen. Jamban tersebut digarap dengan gotong royong antara Satgas dan juga warga. Termasuk Jamban milik Sayah warga Desa Saka Lagun kecamatan Pulau Petak Kabupaten Kapuas. Jamban yang dikerjakan oleh satgas dan dibantu warga tersebut telah merubah kehidupan sayah dan keluarganya. 


Kehidupan yang awalnya lesu kini setelah ada bantuan  program jambanisasi  menjadi  ceria dan lebih  bersemangat, lain dari hari -  hari  sebelumnya.


“Jamban Sayah sebelumnya memang sangat memprihatinkan sekali dan sangat berbahaya untuk digunakan, maka untuk itu satgas bergerak cepat membantu dengan membangun dari nol persen jamban tersebut melalui Program TMMD. Kecepatan dalam pembangunan karena hasil kerja secara gotong royong, sehingga hasil dari pekerjaan lebih cepat dari target yang telah ditentukan,” jelas Serda Budi, Rabu (10/3/2021).


Dengan kebahagiaan yang diterima Sayah juga dirasakan seluruh keluarganya, karena bantuan jamban tersebut memang sama sekali tidak disangka oleh keluarga sayah sebelumnya. Sehingga ketika diberitahu oleh pak RT sama pihak pemerintah Desa Saka Lagun Sayah dan keluarganya langsung kaget Sekaligus juga merasakan kebahagiaan yang tidak terukur. 


Tentunya syukur terus dipanjatkan oleh sayah dan seluruh keluarganya kepada sang pencipta alam semesta atas berkah yang diberikan kepadannya dan juga terima kasih disampaikan kepada TNI.


“Terima Kasih Pak tentara, jamban saya telah menjadi bagus dan bersih walaupun belum selesai pengerjaannya seratus persen. Sehingga nantinya untuk BAB dirumah akan semakin lebih nyaman. Kalau semuanya bersih tentunya akan membuat tubuh juga akan  bersih  , baik  jasmani  maupun  rohani, ” kata Sayah. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels