Dandim 0305/Pasaman Bersama Pejabat Daerah Hadiri Vidcon Dengan Ditjen Pothan Kemhan RI

 

Realitakini.com --- Pasaman
Komandan Kodim 0305/ Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz bersama Perwira di jajaran Kodim  Pejabat Daerah Kabupaten Pasaman dan Pasaman Barat menghadiri video conference (vidcon) Sosialisasi Pembentu kan Komponen Cadangan Matra Darat oleh Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan (Ditjen Pothan Kemhan) RI di wilayah Kodam I/Bukit Barisan (BB).

Kegiatan dilaksanakan di ruang data Makodim 0305/Pasaman di Jl Sudirman No 54 Nagari Pauh Kecamatan Lubuk Sikaping, Rabu (24/3/2021).

Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Ahmad Azis mengatakan hasil vidcon bersama Ditjen Pothan Kemhan RI tersebut " Pembentukan Komponen Cadangan dilakukan setelah Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 3 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN). Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi, guna memperbesar dan memperkuat kekuatan serta kemampuan komponen utama".

Dandim juga menambahkan di dalam Pasal 28 UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang PSDN disebutkan, Komponen Cadangan terdiri dari warga negara, sumber daya alam, sumber daya buatan, serta sarana dan prasarana nasional. 

Selanjutnya, dalam ayat berikutnya disebut kan, penyelenggaraan Komponen Cadangan ini dikelola berdasarkan sistem pertahanan negara yang demokratis, menjunjung prinsip keadilan, memperhatikan lingkungan hidup, dan menghormati hak asasi manusia sesuai dengan ketentuan peraturan  perundang-undangan, ujar Dandim

Dandim juga berharap agar materi ini disosialisasikan di tempat kerja masing-masing dan daerah masing-masing dalam pertahanan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).(Nurman)

Post a Comment

Previous Post Next Post