Walau Di Tengah Covid-19, Supardi Berharap Tidak Memudarkan Nilai Dan Semangat peringatan Hari Jadi Sumbar Ke-75

Realitakini.com- Sumbar 
Seperti diketahui, setelah melalui pembahasan panjang, pemprov dan DPRD Sumatera Barat akhirnya menetapkan tanggal 1 Oktober sebagai hari lahir. Kesepakatan menetapkan tanggal 1 Oktober 1945 sebagai Hari Jadi Sumatera Barat itu diambil dalam rapat paripurna DPRD Provinsi Sumatera Barat, tahun lalu (Senin, 22/7/2019) .

Ranperda Hari Jadi Sumatera Barat merupakan inisiatif DPRD melalui hak usul prakarsa. Pembahasannya mengalami proses panjang melibatkan seluruh elemen masyarakat, mulai dari akademisi, sejarawan, budayawan dan tokoh-tokoh masyarakat. Penetapan tanggal 1 Oktober sebagai Hari Jadi berangkat dari momentum sejarah yang terjadi pada waktu itu. 

Menurut sejarah, 1 Oktober 1945 adalah terbentuknya keresidenan Sumatera Barat seiring dengan pengambilalihan kekuasaan dari tangan Jepang. Pengambilalihan itu dimotori oleh M. Syafei, Dr. M. Djamil dan Rasuna Said yang merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Sumatera Barat pada masa itu. Supardi mengajak seluruh elemen masyarakat memaknai hari jadi Sumatera Barat sebagai momentum kebangkitan daerah dalam kerangka NKRI. 

Hari Jadi Provinsi Sumatera Barat tahun ini merupakan yang kedua kali sejak Perda ditetapkan tahun lalu. Hari jadi provinsi baru berhasil ditetapkan setelah 74 tahun. Dengan demikian, Provinsi Sumatera Barat telah berumur 75 tahun ini. Yang di kemas dalam rapat paripurna istimewa DPRD Sumbar  Kamis (1/10/2020) di ruang sidang utama DPRD Provinsi Sumbar.yang di pimpin lansung oleh ketua DPRD Sumbar Supardi.  

 Selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat Supardi berharap, meski tidak ada kemeriahan dalam  pelaksanaannya  karena dalam situasi pandemi Covid-19, peringatan hari jadi provinsi tahun ini, tidak memudarkan semangat dan nilai perjuangan yang menyertainya."Rapat paripurna berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan. Selain dihadiri langsung, juga ditayangkan secara virtual," Walau  tidak bisa dilaksanakan dengan kemeriahan. Namun, jangan sampai memudarkan nilai dan semangat perjuangan dari momentum hari jadi provinsi ini," kata Supardi.(w) 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels