Pandemi Covid, Tempat Tinggal Satgas TMMD Reguler Brebes Dipusatkan dan Makan Disiapkan

 

Realitakini.com-Brebes,
TMMD Reguler 109 Kodim 0713 Brebes akan dibuka 21 September 2020 nanti untuk membangun infrastruktur dan SDM masyarakat di Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.
Terkait protokol kesehatan, ratusan anggota Satgas TMMD gabungan dari beberapa kesatuan TNI akan dipusatkan tinggal di beberapa rumah kosong milik penduduk Dukuh Karanganyar, Kalinusu, selama 30 hari bertugas.
Dijelaskan Dandim Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, upaya ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat setempat karena TNI adalah warga baru atau pendatang di desa itu.
“Ini adalah penerapan protokol covid-19 demi kenyamanan bersama,” tegasnya, Minggu (13/9/2020).
Dirinya tetap menginstruksikan anggota Satgas TMMD nantinya untuk menjalin kebersamaan dengan masyarakat, baik saat kerja bakti membangun jalan antar pedukuhan (Karanganyar-Kedung Kandri) sepanjang 1,6 kilometer lebar 4-6 meter, maupun saat istirahat sore dan malam. Pasalnya, dengan interaksi langsung, maka para prajurit akan merasakan langsung hidup bermasyarakat.

“Makna TMMD adalah kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga momen kebersamaan selama satu bulan akan digunakan Satgas TMMD untuk dekat dengan warga setempat, sekaligus sosialisasi protokol kesehatan covid secara langsung,” imbuhnya.

Sementara dijelaskan Kepala Desa Kalinusu, Wasid (44), bahwa salah satu rumah warganya yang akan ditempati pasukan adalah rumah Ahmad Efendi (35), Dukuh Karanganyar RT. 03 RW. 01, pedagang yang merantau di Sulawesi.

“Untuk pemilihan rumah juga telah ditinjau langsung oleh Bapak Dandim, apakah bangunan layak atau tidak, termasuk memiliki sarana MCK yang memadai,” ujarnya. 

Ditambahkannya, ibu-ibu PKK Desa Kalinusu akan menjadi koki dan menyiapkan makan pasukan selama satu bulan nanti, karena Uang Lauk Pauk (ULP) akan diserahkan kepada PKK.Untuk itulah Wasid sangat menyambut baik adanya perhatian TNI di desanya sehingga ibu-ibu juga dapat berkarya sesuai keahlian mereka. (Aan/Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels