Keterpaduan Mak-Mak dan TNI Terus Menggeliat di Lokasi TMMD Jatiwarno

 Realiatakini.com-KARANGANYAR
Gayung bersambut. Warga  desa  Jatiwarno, kecamatan Jatipuro,  kabupaten Karanganyar,  Jawa Tengah benar-benar sangat antusias dalam menyambut gelaran  TMMD  Reguler ke 109 Kodim 0727/Karanganyar di desanya. Terungkap, mereka benar-benar menaruh asa, pelaksanaan TMMD di desanya akan membawa kemajuan di semua segi pembangunan.

Tidak hanya para bapak-bapak yang antusias terlibat di kegiatan Pra TMMD yang sudah dimulai sejak  1 September 2020 lalu. Melainkan para Mak-Mak yang ada di desa setempat tidak mau ketinggalan untuk ambil peran. 

Tampak, di suatu pagi sejak Pra TMMD digelar, barisan ibu-ibu PKK dusun Sonosari, desa Jatiwarno membawa tas berisi bahan makanan mentah.  Dengan didampingi  Babinsa Koramil 14/Jatipuro, Serka Prima Windarmoko,  Bu Yesi Ratnawati  menerima bantuan bahan makanan (mentah) .

''Ini benar-benar melegakan, sebuah  empati dari ibu-ibu PKK Dusun Sonosari diserahkan kepada kami yang bertugas di dapur umum. Baik itu berupa  beras, singkong, ketela rambat dan sayur serta bahan makan lainnya.  Semua itu, bahan-bahan makanan yang   mereka bawa tersebut merupakan hasil tanaman kebun sendiri,'' ungkap Bu Yesi.

Selaku koordinator dapur umum, Bu  Yesi mengucapkan terima kasih atas barang-barang yang dibawa oleh ibu-ibu PKK dusun Sonosari. Semoga semua itu bisa bermanfaat untuk mendukung bapak-bapak TNI dan warga yang  sedang bekerja sehari-hari  di lokasi TMMD. 

Semakin Padu

Danramil 14/Jatipuro,  Kapten Arm Suratman nyatakan cukup senang berikut keakraban para personilnya yang diterjunkan ke lokasi TMMD semakin  padu dengan warga desa sasaran. Tidak saja dengan bapak-bapak yang ikut gotong royong di lokasi pekerjaan fisik, melainkan juga dengan ibu-ibu desa sasaran.

''Dengan semakin menggeliatnya keakraban para personil TNI dengan warga desa sasaran,  akan tercapai tujuan dari pelaksanaan TMMD. Yakni, selain membantu atau mendorong pembangunan di segala bidang di desa sasaran, sekaligus untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat,'' ungkap Kapten Arm Suratman.

Dari pantauan, sejumlah bahan makanan mentah yang disetor oleh ibu-ibu dusun Sonosari ke dapur umum, tampak  Babinsa Serka Prima Windarmoko dan Kopda Suhardi membantu ibu-ibu untuk memproses singkong  untuk dijadikan  camilan. 

''Dari singkong ini bisa dibuat beraneka macam olahan yang tidak hanya direbus atau goreng. Melainkan oleh warga yang mempunyai usaha membuat camilan dari singkong  (UMK) di dusun Sonosari, singkong-singkong itu diolah menjadi berbagai jenis camilan,'' ujar Serka Prima. 

Bu Yesi menambahkan,  bertahun-tahun lamanya angan-angan warga desa Jatiwarno ingin membangun akses jalan pertanian yang menghubungkan  dusun Sonosari ke dusun Trugo,  desa Jatiwarno akhirnya terwujud. Dan semua itu berkat adanya  TMMD dari Kodim Karanganyar di desanya.

''Program TMMD Kodim 0727/Karanganyar di desa kami sangat membantu warga masyarakat, utamanya di pembangunan fisik. Tidak hanya itu, dengan adanya TMMD,  warga desa Jatiwarno mempunyai kesempatan untuk bisa lebih dekat mengenal sosok Tentara,'' ujar Bu Yesi.  (Tim Pendim 0727/Karanganyar)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels