''Impian Warga Kami Untuk Mempunyai Jalan Layak Terwujud Melalui TMMD''

 Realitakini.com-KARANGANYAR   
Atas nama seluruh warga desa Jatiwarno, kecamatan Jatipuro,  kabupaten Karanganyar,  Jawa Tengah, Kepala Desa Catur Sujito benar-benar mengucapkan banyak terima kasih kepada jajaran Kodim 0727/Karanganyar yang telah menjadikan desanya untuk sasaran  TMMD  Reguler ke 109.

''Kami harus benar-benar mengucapkan terimakasih kepada Pak Dandim, Letkol  Inf Ikhsan Agung Widyo Wibowo, S.I.P dan seluruh jajarannya, yang menjadikan desa kami sebagai sasaran TMMD Reguler di semester III tahun 2020 ini. Banyak desa yang menginginkannya, tapi pilihan jatuh ke desa kami,'' tandas Kades Jatiwarno, Catur Sujito.

Menurutnya, ibarat pucuk dicinta  ulam pun tiba. Sebenarnya sudah lama warga Jatiwarno inginkan jalan pertanian yang menghubungkan dusun Sonosari  ke dusun Trugo bahkan bisa sambung ke sebuah desa yang masuk wilayah Kabupaten Wonogiri, dibangun. 

''Dan kali ini cita-cita, atau boleh dibilang impian warga kami untuk dibangunnya jalan pertanian tidak lama lagi akan terwujud dengan adanya TMMD Reguler ke 109 Kodim Karanganyar. Terima kasih Pak Dandim,''  ungkap Kades Sujito.

Seperti diketahui, di pelaksanaan TMMD  Reguler ke 109 Kodim 0727/Karanganyar,  di  desa Jatiwarno, salah satu sasaran fisiknya adalah,  TNI bersama warga akan membangun jalan sepanjang  770 meter dengan  lebar  3 meter dan tebalnya mencapai   12 Cm. di Pra TMMD yang sudah mulai digelar 1 September 2020 lalu, untuk sasaran fisik ini sudah mulai disentuh oleh TNI dan warga.

Jalan Setapak

Diceritakan Kades Sutejo yang baru menjabat di Jatiwarno  sekitar 1,5 tahun itu,  bahwa jalan yang akan dibangun melalui TMMD dari Kodim Karanganyar itu, dulunya hanyalah jalan setapak yang lebarnya tidak kurang dari 1 meter.

Melihat penderitaan warga baik di dusun  Sonosari maupun dusun Trugo, dimana dengan kondisi jalan yang tidak memadai itu, sementara di kanan kiri jalan tersebut  merupakan areal sawah warga, membuat warga kesulitan untuk beraktivitas, Kades Sutejo berinisiatif memelopori ruas jalan setapak yang menghubungkan dusun Sonosari ke dusun Trugo itu, untuk dilebarkan.

''Tentu tidak semudah untuk memberi pengertian kepada warga untuk melebarkan rusa jalan itu,  menyusul  untuk melebarkan jalan tersebut banyak tanah sawah milik warga yang harus terkepras,'' tutur Catur Sutejo.

Namun akhirnya melalui sosialisasi panjang, warga akhirnya gayung bersambut. Warga menyadari betapa pentingnya ruas jalan itu, akhirnya mereka rela untuk mengorbankan tanahnya terkepras.

Kerja bakti untuk melebarkan jalan setapak itu sudah dimulai pertengahan tahun 2019, dan sempat terhenti lantaran merebaknya Virus Corona, dan baru dilanjutkan di awal tahun 2020. ''Kini akhirnya tidak hanya sekedar dilebarkan melainkan akan dibangun TNI  melalui TMMD Reguler ke 109 dengan  konstruksi cor beton.   Alhamdulilah, Tuhan tampaknya mendengar harapan warga Jatiwarno untuk mempunyai jalan pertanian yang memadai,'' pungkas  Kades Catur Sutejo.   (Tim Pendim 0727/Karanganyar)

Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels