Dr. Verinita, Pentingnya Strategi Pemasaran Pariwisata Supaya Ramai Pengunjung





Realitakini.com Tanah Datar -Perlunya pengelolaan dan Strategi pemasaran dalam mengembangkan obyek wisata sangat turut mem pengaruhi kunjungan wisata kedaerah tersebut.



Hal itu disampaikan oleh Dr. Verinita, SE, M.Si, Ketua Jurusan Manajemen di Universitas Andalas (Unand) Padang saat menyampaikan materi pada Pelatihan Tata Kelolah Destinasi Wisata Kabupaten Tanah Datar yang di Hotel Emersia Batusangkar, Sabtu (12/09/2020).



Kegiatan yang di selenggarakan oleh Dinas Parpora Kabupaten Tanah Datar yang merupakan kegiatan Dak Non Fisik Kepariwisataan 2020 ini diikuti oleh sebanyak lebih kurang 40 orang peserta dari pelaku pariwisata di Kabupaten Tanah Datar yang kegiatannya berlangsung dari tanggal 9-13 September.



Menurut Verinita Segmentasi pasar pariwisata meliputi Georafis atau daerah asal wisatawan, Demografis wisatawan yang dikelompokan berdasarkan kondisi pengunjung, Psikografis  membagi pasar dengan kelas sosial, gaya hidup dan karastik, Perilaku membagi pasar berdasarkan manfaat karena istilah pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli.



"Tanah Datar memiliki banyak obyek wisata  tapi belum terkelolah dan diexpose secara maksimal hanya tinggal memoles karena sudah memiliki destinasi wisata yang, salah satu kendalanya kita belum menjadi penjual yang baik pada pasar kita," sampai Verinita.



Dia juga menambahkan untuk itu diperlukan strategi untuk pelaku pariwisata dengan memasarkannya keadaan alam, ciri dan jenisnya yang tidak dimiliki oleh tempat atau di Obyek wisata lain.



"Ada beberapa strategi dalam pemasaran pariwisata yaitu tempat Destinasi wisata yaitu dimana letak obyek wisata nama, serta apa saja yang bisa di tawarkan disana,  Target pasar meliputi siapa yang bisa mengunjungi tempat itu,  penetapan Harga yaitu apa saja fasilitas yang bisa diperoleh pengunjung dan berapa anggaran yang harus di keluarkannya.



"Apa saja yang di jual seperti keunikan apa yang dimiliki sehingga membuat pengunjung betah serta berulangkali mengunjungi tempat wisata tersebut atau ada ciri kas tersendiri yang berbeda dari tempat obyek wisata lain, dan Melakukan Pemasaran ini yang paling penting dengan ada proses pemasaran tepat dan target pasar yang jelas tempat wisata akan ramai di kunjungi, pemasaran bisa dilakukan melalui Media Sosial, Iklan, spanduk ataupun Media berita cetak dan berita Online," Pungkas Verinita.

Kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar dengan mengikuti protokol kesehatan.



Post a Comment

Previous Post Next Post

Labels